You are currently viewing KEMENANGAN KONTROVERSIAL
  • Post category:Artikel

Pula kata Daud: “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.” (1Samuel 17:37)

Hasil akhir pemungutan suara pemilu Amerika Serikat menunjukkan kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trump unggul dari rivalnya Partai Demokrat Hillary Clinton, dengan selisih 73 di mana Trump memperoleh 276 dan Clinton 218.

Kemenangan Trump membawa kekecewaan tersendiri bagi pendukung Clinton yang berada tidak hanya di AS namun juga di belahan dunia lain. “Saya kaget, dan malu. Saya sudah bilang ke semua teman di Indonesia bahwa Hillary pasti menang. Namun tampaknya kini saya harus ‘makan omongan’ sendiri,” kata salah satu warga Amerika yang berada di Indonesia, saat ditemui usai penghitungan suara di Pusat Kebudayaan Amerika @amerika di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (9/11).

“Dia memang pintar, tapi dia kadang terlalu sensitif. Dia juga punya temperamen yang patut dipertanyakan,” kata Dennis yang kini bekerja sebagai konsultan di salah satu perusahaan swasta di Jakarta. Trump memenangkan suara di hampir seluruh negara kunci. Dia dan Mike Pence, wakilnya, memberikan pidato kemenangan di Trump Tower, New York.( Merdeka.com Rabu, 9 November 2016 )

Kemenangan pihak yang tidak diprediksi mengingatkan kita pada kisah Daud melawan Goliat . Ketika Goliat menantang orang-orang Israel mereka sangat ketakutan. Goliat adalah seorang yang perkasa melebihi kekuatan manusia pada umumnya, namun dia dapat dikalahkan hanya oleh seorang anak muda, mengapa bisa? Ini di sebabkan Daud memperoleh kekuatan dari Tuhan.

Meskipun Daud bukanlah seorang ahli dalam berperang, Daud tahu bahwa Tuhan yang telah menolongnya mengalahkan musuh-musuhnya. Kemenangan kontroversial Daud menggores sejarah dan tercatat dalam Kitab Suci , bukan untuk dikenang dan kemudian dilupakan saja namun kiranya menjadi dinamit dalam hidup setiap orang percaya ketika menghadapi persoalan sebesar apapun tetap percaya kemenangan ada di pihak orang benar karena ada pembelaan Tuhan yang dahsyat. [DS]

P1: Baca 1Samuel 17, apa saja kunci kemenangan Daud melawan Goliat?

P2: Bagaimana sikap kita ketika menghadapi persoalan yang sedang kita hadapi?