You are currently viewing AMAZING GRACE
  • Post category:Artikel

“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu.” (Yohanes 15:16a)

Bait pertama dari lagu Amazing Grace mengambarkan dengan tepat perasaan dan perjalanan hidup saya.

“Amazing Grace, how sweet the sound That saved a wretch like me

I once was lost, but now am found Was blind but now I see”

Memang saya tidak pernah berbuat kriminal atau pun melanggar hukum sehingga harus berhadapan dengan pihak berwajib. Dari sudut pandang manusia, barangkali saya terlihat tidak bermasalah. Tidak pernah ada orang yang menganggap saya sebagai orang jahat. Malah, saya bisa yakin bahwa teman- teman akan menganggap saya sebagai orang baik.

Di samping itu, saya juga sebenarnya bisa mengklaim bukan orang terhilang, karena dari kecil sudah rutin pergi ke gereja. Tapi pergi ke gereja setiap minggu dari sejak kecil tidak menjamin bahwa kita sudah pasti mendapat keselamatan. Dalam perjalanan hidup, memang kita harus mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan. Tidak bisa mengandalkan orang tua yang sudah Kristen, atau bahkan rajiin ke gereja setiap minggu.

Dalam perjalanan selanjutnya, saya ternyata bisa meragukan Tuhan. Lebih parah lagi, setelah melalui serangkaian proses, akhirnya saya pernah sampai pada kesimpulan bahwa Tuhan itu tidak ada, dan saya merasa tidak memerlukan Tuhan. Di hadapan manusia, barangkali saya tidak terlihat sebagai orang jahat. Tapi di hadapan Tuhan, ketika itu saya dalam posisi terhilang. Hanya karena Amazing Grace, Dia tidak membiarkan saya terus terhilang. Walaupun harus melalui kejadian yang sangat tidak menyenangkan, lewat kecelakaan yang cukup berat, di sanalah Dia menyatakan diri-Nya dan saya mengalami perjumpaan pribadi dengan Kristus. Dalam masa pemulihan tubuh akibat kecelakaan, selama 6 bulan, saya menikmati perjumpaan dan kasih Tuhan yang luar biasa besar. Saya bersyukur karena mendapatkan anugerah keselamatan yang begitu berharga. Keselamatan kekal yang harganya dibayar oleh darah Kristus. Keselamatan yang membuat saya tidak perlu mengalami kematian kekal.[WK]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1: Apakah Anda yakin telah memiliki keselamatan? Apakah Anda telah berjumpa secara pribadi dengan Kristus?

P2: Carilah Tuhan selama Dia berkenan ditemui (Yes 55:6)

Bacaan : 1 Tawarikh 20-23