You are currently viewing ANDA BISA BERSEKUTU DENGAN ALLAH
  • Post category:Artikel

“Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.”(I Kor. 1:9)

Para tokoh Alkitab PL memahami bahwa jika  seseorang atau suatu bangsa mendapat kasih karunia dari Allah, maka orang atau bangsa tersebut akan selalu disertai oleh Allah. Nuh mendapat kasih karunia dari Allah (Kej.6:8), maka apa pun yang terjadi dalam kehidupan Nuh, Allah tetap menyertai dan memelihara. Lot dan keluarganya meskipun mereka berada di tempat yang salah, namun ketika Allah mengaruniakan belas kasihanNYA, maka Allah meluputkan dari penghukuman (Kej. 19:19). Musa dan bangsa Israel yakin, jika mereka mendapat kasih karunia Allah, maka Allah akan menuntun dan menyertai mereka.

Dalam Perjanjian Baru, Allah datang ke dalam dunia ini menjadi manusia dan tinggal bersama-sama dengan manusia. Oleh karena kematian-Nya di kayu salib, setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus dengan sungguh-sungguh akan mendapat kasih karunia (Yoh. 1:17). Mereka memperoleh pengampunan dosa dan keselamatan. Dengan demikian orang yang sudah percaya kepada Kristus, maka hidupnya bisa bersekutu dengan Allah (1 Kor. 1:9).

Sahabat NK, Semua orang yang sudah ada di dalam Kristus dan Kristus ada di dalam hidupnya, maka orang tersebut akan selalu ada dalam persekutuan yang erat dengan Tuhan. Setiap hari mereka akan membangun relasi yang akrab melalui saat teduh, pujian penyembahan dan kebergantungan penuh kepada Tuhan setiap hari.

Jika seseorang percaya kepada Kristus, tetapi  tidak hidup dalam persekutuan dengan Tuhan, contohnya orang tersebut tidak mau baca firman Tuhan, tidak pernah berdoa, tidak pernah beribadah, dan tidak mau melakukan hal-hal baik lainnya, maka mungkin saja orang tersebut percayanya hanya di mulut dan tidak sungguh-sungguh. Seperti yang disampaikan oleh rasul Paulus kepada jemaat di Efesus bahwa orang tersebut tidak mengenal Allah, pengertiannya gelap dan jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, sehingga hidup dalam hawa nafsu dan mereka akan mengalami kebinasaan yang kekal. Namun orang-orang yang sudah dipanggil dan dipilih Allah tidaklah demikian, mereka menjadi ciptaan baru yang hidup dalam kebenaran dan kekudusan dan persekutuan dengan Tuhan setiap hari (Ef. 4:17-24). Andakah orangnya? [YP]

P1 : Menurut pendapat Anda, siapa yang bisa bersekutu dengan Tuhan? Jelaskan!

P2 : Jika Anda tahu  bahwa hanya karena Kristus Yesus Anda bisa bersekutu dengan Allah. Bagaimana Anda menghargai pengorbanan Yesus Kristus tersebut ? Apa komitmen Anda?