You are currently viewing BALADA JAHE LENGKUAS
  • Post category:Artikel

“Ia yang menjaga mulutnya memelihara nyawanya, ia yang membuka lebar bibirnya menjaga kehancuran.” (Amsal 13:3)

“Kasian nohh si Ci Nelli, punya menantu amsiong bangett dahh… Masa’ si Lian, negebadain jahe ame lengkoas aje kaga’ bisa… Lu bayangin dah tuhh coba’…” | “HAA… IDIHH, lahhh kan dari baunyah juga udah beda’ banget yahh?!! Yaa dipatahin juga beda ntu mahh. Nyang atu kuning, nyang atu jambon yahh?!!…” | “Emang kecele tuhh si Nelli, dapet mantu kaya’ beli kucing dalem karung… Belon lagi, lu tau?!?! Masak mi instan aje ampe pancinye kering bekerak, ditinggal maenan HaPe….” | “Yahh elaaaah, si LungLung koq tahan yahh, punya bini macem si Lian… Yahhh gua sihh… ihh…” | “Ehh, si Lian lewat noohhh… beuuhhh, pake cembetut lagi… | “Kupingnyah panas tu yahh, abiss kita kupas kelakuannyah di rumah…”

Begitulah, walau mentari baru sebentar saja muncul di pelataran rumah, Ci Aling dan Mak’Yun sudah membahas habis rumah tangga kenalannya itu. Faedahnya bagi mereka berdua?? Ya tentu tidak ada, selain hanya memuaskan kedua bibir dan lidah yang menganggur. Ehh, jangankan mereka. Bukankah kita masih kerap  melakukan hal se-nada dalam bentuk lain??

Entah mengapa, menyebarkan kabar miring begitu menggelitik dan terasa sedap bagi beberapa orang. Hingga lahir lah istilah “kepo”. Keingintahuan yang berlebih pada hal-hal yang sam sekali nirfaedah. Dan lahirlah yang disebut “gossip” alias “digosok-gosok makin sipp”. Yaahhh, bukankah itu hanya menambah jurang pemisah hubungan antar sesama manusia. Lalu kita kerap berpikir, yang penting semua yang buruk itu bukan “gue” yang mengalami. Dan peduli apa diri kita pada renggangnya hubungan dengan sesama. Apalagi dengan mereka yang masuk kategori “teman bukan, saudara bukan”. Matius 22:39 sudah jelas berbicara bagi kita. Bahwa mengasihi sesama manusia di tempatkan Kristus sebagai hukum yang terutama, sama derajatnya dengan keharusan untuk mengasihi Tuhan Allah sendiri. Jadi pada akhirnya pertanyaannya hanya satu saja. Masihkah mulut kita yang kurang kerjaan dan kurang didikan itu berlama-lama jongjon menggunjing dan menghina sesama tanpa jelas manfaat?? Kalau sudah, perilaku minus apalagi yang kita masih biasakan dalam rangka secara tidak maupun langsung, menjauhkan hubungan baik sesama manusia?? [AH]

P1: Bacalah 1 Yohanes 4:20!! Apakah saya masih kerap menebar benih-benih kebencian kepada orang lain di lingkungan saya?? Apakah saya sudah bisa dikatakan benar-benar mengasihi Tuhan dengan bukti sudah atau sedang berusaha mengasihi sesama manusia??

P2 : Saya mau berupaya keras berhenti dari membenci, menggunjing, menghina, mendengki, dan segala macam hal nirfaedah lain yang membuat saya tidak dapat mengasihi Allah.