You are currently viewing BEHIND ENEMY LINES
  • Post category:Artikel

“Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.” (Yohanes 15:2)

Behind Enemy Lines adalah judul sebuah film yang berlatar perang Bosnia yang dibintangi oleh Gene Hackman dan Owen Wilson. Film ini bercerita tentang Letnan Chris Burnett yang pesawatnya ditembak jatuh oleh pasukan Serbia. Ia dapat menyelamatkan diri dengan kursi pelontar. Sayangnya, ia jatuh di daerah musuh. Burnett terpaksa harus berupaya keras menyelamatkan dirinya dari kejaran musuh, tidak jarang ia hampir terbunuh oleh sniper atau serangan bom.

Pernahkah kita berpikir kenapa Tuhan menempatkan kita di lingkungan yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan? Bertemu dengan orang-orang yang selalu berseberangan, bekerja dengan orang yang kasar dan semau gue, melayani bersama dengan orang yang suka menyinggung tetapi mudah tersinggung. Waktu dan energi kita jadi terkuras hanya meladeni orang orang “sulit” ini. Situasi ini tidak jarang membuat kita frustrasi serasa terjebak di “behind enemy lines” dan pada akhirnya keputusannya pindah gereja lain yang lebih “damai”.

Setiap pohon anggur yang bertumbuh, akan selalu dibersihkan oleh pemiliknya. Daun dan ranting yang kering dipotong, agar tidak mengganggu pertumbuhannya. Ranting yang berbuah dibersihkan daun-daun yang tidak perlu, sehingga buah yang dihasilkan dapat bertumbuh dengan baik.

Begitu pula dengan kehidupan kita, ada hal-hal yang dapat mengganggu pertumbuhan rohani kita. Bahkan akan menghalangi kita untuk dapat menghasilkan buah yang baik yaitu karakter negatif yang kita miliki. Melalui kejadian demi kejadian, Tuhan akan membersihkan kehidupan kita. Hal-hal yang tidak berkenan dengan Firman Tuhan harus dihilangkan dari pertumbuhan kehidupan rohani kita. Dengan demikian kita akan menghasilkan buah-buah roh, yang dapat dinikmati oleh orang banyak. Jika situasinya seperti sedang berada di lingkungan yang kurang nyaman, imani sebagai waktu Tuhan untuk membersihkan kita. [DS]

P1: Apa yang dimaksud dengan ranting yang dibersihkan?

P2: saat mengalami gesekan dengan rekan pelayanan di gereja dan bagaimana cara anda mengatasinya?