You are currently viewing BEKERJA SAMA YUUUKKK!!!
  • Post category:Artikel

“Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus , supaya kamuj seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir” (1 Korintus 1:10) 

Di dalam organisasi, manusia diajar bagaimana bekerjasama. Kerja sama ini merupakan bentuk tolong menolong antar sesama dalam segala hal positif. Kerja sama dalam organisasi akan menghasilkan banyak hal yang positif, sebab kerja sama dapat meringankan beban sebagaimana pepatah mengatakan berat sama dipikul ringan sama dijingjing, dari ini kitab isa tahu bahwa melalui Kerja sama seberat apapun pekerjaan akan terasa ringan dengan dikerjakan bersama-sama.

Kerja sama tercipta agar saling tolong-menolong sebagaimana yang telah diperintahkan Tuhan agar menolong sesama manusia yang membutuhkannya, dengan memberikan pertolongan artinya kita dipilih Tuhan sebagai perantara-Nya. Melalui organisasi seseorang belajar mulai caranya menjalin kerja sama, sampai cara mempertahankan sikap saling Kerja sama. Dalam mencapai sebuah tujuan organisasi akan cepat dan ringan dicapai bila anggotanya saling kerja sama.

Tahukah kita, bahwa kerja sama tim tak hanya bisa menyelesaikan tugas-tugas kecil namun bisa meraih tujuan tim yang membutuhkan agenda besar. Pastinya setiap orang mempunyai cara bekerja yang berbeda, ada yang terbiasa bekerja sendiri dan ada pula yang lebih menyukai kerja bersama-sama dalam menyelesaikan tugas.

Mengapa membangun kerja sama itu sangat penting? Sebab dalam bekerja di instansi atau sebuah perusahaan tentunya memerlukan sinergi setiap tim untuk mencapai target secara keseluruhan. Hal ini hanya bisa terjadi dengan membangun kerja sama. Di samping itu, pada tingkatan individual, kerja sama sangat penting sebagai wadah yang berguna untuk memperdalam keahlian interpersonal sehingga dapat berinteraksi dengan sesama kolega atau dengan atasan.

Membangun kerja sama dalam tim yang solid dan efektif kadang merupakan tantangan, akan tetapi hal tersebut bisa diwujudkan dengan saling menolong satu sama tanpa memikirkan ego. Pelayanan tanpa kerja sama yang baik akan melahirkan perpecahan. Kerja sama yang baik akan membawa keutuhan tubuh Kristus. Oleh sebab itu mari jaga semangat kerja sama agar hidup kita menjadi berkat bagi dunia ini. Selamat membangun kerja sama yang baik. [RB]

P1: Maukah kita membangun budaya kerja sama agar beban kita jadi ringan?

P2: Apa langkah yang saudara ambil untuk dapat menciptakan kerja sama Tim dalam pekerjaan pelayanan?