You are currently viewing BERITA YANG DINANTIKAN
  • Post category:Artikel

Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kita nabi-nabi dan kitab Mazmur. (Lukas 24:44)

Berita kelahiran Mesias jauh sebelumnya telah dinubuatkan oleh banyak para nabi. Bahwa akan lahir Yesus Juruselamat yang akan menggembalakan umat-Nya. Semua nubuatan itu sudah digenapi. Ini membuktikan bahwa Allah yang kita sembah dan percayai adalah Allah yang setia dengan janjinya. Sekian lama bangsa Israel menantikan kedatangan Mesias untuk melepaskan mereka dari penjajahan bangsa Romawi. Tetapi setelah Yesus lahir justru mereka menolak dan menyalibkan Kristus.

Nubuatan tentang kelahiran Mesias adalah berita sukacita dan sangat dinanti-nantikan oleh semua bangsa untuk melepaskan kita dari kutuk dosa. Itulah sebabnya setiap malam Natal semua bersukacita. Rumah dihiasi dengan berbagai-bagai hiasan seperti pohon natal, lampion yang indah, lampu natal yang kelap-kelip. Bahkan tidak sedikit mall, rumah ibadah dihiasi dengan pohon natal raksasa. Semua ini menunjukkan betapa nubuatan tentang kelahiran Mesias begitu dinanti-nantikan. Semua nubuatan tentang kelahiran Mesias tidak ada yang tidak tergenapi dalam kitab Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.

Malam Natal adalah malam sebelum hari kelahiran Yesus, dirayakan pada tanggal 24 Desember oleh gereja di berbagai dunia dan tempat. Berbagai acara dipersiapkan sedemikian rupa. Berbelanja hadiah, tukar menukar kado, ucapan selamat, misa malam Natal , makan malam Natal, Sinterklas naik kereta salju membagi-bagi hadiah. Semua ini tidak salah dan betapa indahnya dan sayang sekali kalau momen malam Natal ini terlewatkan begitu saja. Namun di sisi yang lain kita lupa bahwa nubuatan tentang Kelahiran Mesias harus diresponi dengan komitmen untuk memulai hidup baru. Malam Natal adalah malam perenungan dan refleksi diri tentang bagaimana Kristus rela meninggalkan Sorga yang mulia, lahir di kandang domba yang hina karena cintanya kepada kita manusia yang berdosa ini.

Ready or not Jesus is coming. Selamat merayakan malam Natal, malam penuh sukacita. [RB]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1 : Sudahkah kita merenungkan kasih Bapa yang telah dinubuatkan oleh para Nabi akan kelahiran Mesias ke dalam dunia ini?

P2 : Apa sikap kita terhadap nubuat yang sudah digenapi dan akan digenapi? Bagaimana kita menyikapi semua nubuatan yang sudah disampaikan oleh Firman Tuhan tentang situasi ke depan?