You are currently viewing BERJALAN DI TEMPAT
  • Post category:Artikel

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-KU dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.” (Kolose 3:23-24)

Sahabat NK, Yesus mengatakan hal tersebut kepada murid-murid-Nya agar menjadikan semua bangsa sebagai murid-Nya. Yesus tidak mengatakan kepada para murid saat itu agar mereka membangun gereja-gereja seperti jaman sekarang ini. Yang penting adalah semua bangsa mengenal dan menjadi murid-Nya juga membaptisnya sebagai tanda bahwa Yesuslah sebagai juru selamat yang sejati.

Dengan berkembangnya jaman, gereja bermunculan dan berupa gedung-gedung. Gereja pada saat itu dibangun dengan mewah dan penuh karya seni. Jaman sekarang, gedung gereja bertebaran dimana-mana, tentunya ada penyesuaian juga dimana saat gereja Katolik pecah dan ada aliran Protestan.

Gereja sekarang ini, bisa di dalam gedung mal, di gedung pertemuan, di gang sempit sekalipun ada juga rumah yang dipakai gereja. Yang jadi masalah adalah yang masuk ke dalam gereja tersebut. Sekalipun gereja itu luar biasa mewahnya dengan kapasitas yang bisa menampung ribuan jemaat, kalau hati para jemaat hanya sekedar untuk datang dan merupakan kewajiban semata, percumalah gereja itu didirikan.

Sahabat NK, gereja yang maju adalah gereja yang tidak mementingkan bentuk gedung, fasilitas gedung dan besarannya, tetapi gereja yang maju adalah gereja yang mementingkan pertumbuhan rohani jemaatnya. Mari para gembala, pengurus gereja, pelayan gereja kita berfokus kepada pertumbuhan rohani jemaat, sehingga kekristenan tidak berjalan di tempat.

Perpecahan gereja hanya karena egoisme dan harta semata tidaklah membuat gereja bertumbuh secara rohani, hanya bertumbuh secara gedung. Kelihatan banyak gereja yang berdiri namun jemaatnya hanyalah jemaat nomaden. Biarlah kita aminkan apa yang dikehendaki Yesus, yaitu bahwa kita semua menjadi murid-murid-Nya. Bila rohani jemaat bertumbuh, gereja pun akan bertumbuh walau gedung tidak super. [JA]

P1: Yesus mengatakan dalam Mat 28:19 itu dengan tujuan apa selain agar semua bangsa menjadi murid-murid-Nya? P2: Apakah Anda sudah menjadi bagian dari murid yang memuridkan? Bila belum, maka sebaiknya ikuti kelas pemuridan, banyak ladang yang harus dituai karena sudah menguning.