You are currently viewing FIRST THINGS FIRST
  • Post category:Artikel

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.”  (Markus 12:30)

Pastinya kita sering mendengar istilah “first things first” yang berarti ‘suatu hal yang utama harus lebih didahulukan dibandingkan hal-hal yang lainnya’. Lalu dalam perjalanan hidup kita yang berorientasi pada kekekalan apakah prioritas utama kita? Kalau kita merasa kekekalan adalah prioritas utama kita tentunya hidup kita harus mulai terfokus kesana, terfokus kepada Pribadi Kristus.

Tujuh puluh tahun umur hidup kita yang singkat di bumi ini sesungguhnya merupakan kesempatan untuk memilih kepada siapa kita mengabdi. Dengan kepribadian-Nya yang Maha Agung, Tuhan tidak memaksa manusia untuk mengabdi kepada-Nya; setiap individu harus memutuskannya sendiri dengan rela dan sukacita.

Kepada siapa kita akan mengabdi? Kita harus memutuskannya hari ini. Menunda keputusan sampai waktu hidup kita usai berarti tidak pernah mengambil keputusan untuk mengabdi kepada Tuhan. Walaupun sebenarnya kita tidak berniat untuk mengkhianati Tuhan, jika kita terus-menerus menunda keputusan itu, akhirnya adalah kebinasaan. Inilah penyakit banyak orang Kristen hari ini, menunda apa yang seharusnya mendesak untuk segera dilakukan. Kuasa kegelapan meninabobokan orang Kristen untuk tidak terlalu terburu-buru mengabdi kepada Tuhan sepenuhnya. “Nanti saja, sesudah punya uang. Sekarang cari uang dulu,” kata setan.

Mari kita renungkan, apakah kita masih menunda-nunda untuk menggumuli hal-hal yang menyangkut keberadaan kekal atau nasib kekal kita? Apakah kita menganggap hal lain lebih mendesak daripadanya? Jika dibandingkan dengan itu kita lebih memilih berjam-jam berjalan-jalan keliling mal, menonton sinetron, menyenangkan hati dengan hobi dan sebagainya, kita harus bertobat. Jika kita masih berpikir bahwa hidup ini hanya sekali sehingga menikmati dunia hari ini adalah kesempatan yang tidak akan terulang lagi, kita harus bertobat. Kita takkan pernah tahu kapan waktu hidup kita berakhir. Prioritaskan hal yang terpenting di dalam hidup kita. Put first things first! [CK]

P1: Apakah prioritas yang terutama dalam hidup kita? Sudah sesuaikah prioritas kita dengan prioritas Tuhan?

P2: Keputusan dan langkah apa yang harus kita ambil agar prioritas kita di atas segalanya adalah memprioritaskan Tuhan?