You are currently viewing FOKUS KEPADA YANG TUHAN BERIKAN
  • Post category:Artikel

“Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.” (Yakobus 4:3)

Sahabat NK, saya teringat satu tokoh kartun di seri Donald Bebek yang bernama si Untung. Kayanya si Untung ini ga pernah menderita atau mengalami kerugian, hidupnya selalu beruntung. Padahal kalau dilihat dari cerita-cerita yang ada, sepertinya si Untung ini bukan bebek yang rajin.

Carl Barks, menciptakan tokoh ini karena melihat bahwa nasib manusia beragam, ada yang mendapat keberuntungan setelah bekerja keras, ada yang tidak pernah beruntung walau telah bekerja keras, tapi ada juga yang mengalami keberuntungan walau tidak pernah bekerja keras.

Namun satu hal yang alkitab katakan, bahwa kepada mereka yang dicintaiNYA, Tuhan memberkati, bahkan saat tidur….tapi pengertian tidur disini adalah “beristirahat” dalam hadiratNYA. Jadi sediakan waktu khusus dengan Tuhan. Ambil waktu berdoa, sampaikan permohonan kita dengan ucapan syukur, bahwa apapun yang Tuhan berikan adalah yang terbaik.

Karena bisa saja kita berdoa, sampai jungkir balik pun kalau doa kita tidak berkenan di hadapan Tuhan, maka semua sia-sia. Apalagi doa yang di dalamnya permohonan kita hanya dihabiskan untuk memenuhi hawa nafsu kita.

Bahkan terkadang kita jadi lupa bahkan marah dengan Tuhan di saat kita diberkati, karena kita fokus dengan apa yang kita minta bukan apa yang Tuhan berikan. Jangan berharap jadi si Untung yang selalu beruntung, tapi berharap jadi anak Tuhan yang selalu bersyukur atas apa yang Tuhan berikan. Fokus kepada yang Tuhan berikan. [JA]

P1 : Renungkan akan kebaikan Tuhan, apakah doa yang selama ini kita naikkan lebih banyak untuk memenuhi hawa nafsu kita ?

P2 : Berdoa dengan penuh ucapan syukur, yakin apa yang kita Imani akan terjadi