You are currently viewing HATI SEORANG MURID
  • Post category:Artikel

“Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku” (Lukas 14:33)

Orang Kristen yang sejati pasti adalah murid Yesus yang sejati. Masalahnya bisa saja seorang itu sudah dibaptis, menjadi anggota gereja, datang setiap minggu dan orang itu dipanggil “orang Kristen, tapi belum tentu orang itu sudah menjadi murid Yesus yang sesuai dengan syarat yang Yesus tetapkan dalam bacaan Lukas 14 : 25-33 ini. Dalam bacaan FT ini kita akan melihat apa saja syarat mutlak yang Tuhan Yesus tetapkan bahwa seseorang itu boleh dijuluki sebagai murid Yesus. Dari ay. 26 ini kita lihat sikap hati yang pertama untuk menjadi murid Yesus adalah mengasihi Yesus lebih utama dari pada ikatan hubungan keluarga dan bahkan nyawa sendiri. Sikap Hati yang kedua adalah rela menderita dan terus menerus mengikuti Yesus (ay.27) Salib Kristus merupakan lambang penderitaan (1 Petrus 2:21; 4:13), kematian (Kisah Para Rasul 10:39), kehinaan (Ibrani 12:2), cemoohan (Matius 27:39), serta penyangkalan diri (Matius 16:24), Yesus rela mengalami semuanya itu, disalibkan, mati,dikuburkan, dan bangkit untuk menebus dosa-dosa kita, maka setiap orang yang memikul salibnya sendiri karena Yesus pastilah akan mengalami hal yang sama seperti Sang Guru, Yesus Kristus, itulah ciri murid Kristus yg sejati, sama seperti gurunya. Yang ketiga yaitu sikap hati yang berkomitment memberikan seluruh hidupnya kepada Kristus lebih dari apapun sampai akhir. (ay. 28, 33) Beberapa kali Yesus bertemu dengan orang- orang yg mau mengikut Yesus tapi setengah hati, tidak rela komitmen memberikan seluruh hidupnya kepada Yesus, hati mereka belum bisa mengucapkan selamat tinggal kepada miliknya.

Akibat dari tidak dapat memenuhi syarat yg ditetapkan Yesus untuk menjadi murid-Nya, tidak hanya tidak bisa menjadi murid-Nya yg sejati tapi juga digambarkan seperti garam yg kehilangan asinnya, menjadi tawar, akhirnya dibuang orang. Orang –orang Kristen yg kompromi dengan selera dunia ini akan kehilangan pengaruh asinnya bagi dunia yg sedang membusuk, gagal menjadi murid Yesus yg sepnuh hati, akhirnya tidak berguna bagi Kerajaan Allah,K eselamatan hidup yg kekal dan menjadi murid Yesus yg sejati adalah satu kesatuan sebagai bukti iman yg menyelamatkan, MENJADI MURID YESUS ITU HARUS BAYAR HARGA YANG MAHAL AGAR LAYAK DIHADAPAN-NYA [GUN]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1: Sudahkah kita menjadi murid Yesus yang sejati, mau belajar untuk mengikuti ajaran-Nya? Melakukan segala sesuatu yang diperintahkan-Nya? Mengalami seperti yang dialami-Nya?

P2: Marilah kita memenuhi 3 syarat menjadi murid Yesus :

1. Mengasihi Yesus nomor satu lebih dari apapun juga,

2. Rela menderita dan terus menerus mengikuti Yesus

3. Komitmen memberikan seluruh hidupmu kepada Kristus sampai akhir.

Bacaan : 2 Tawarikh 20-22