You are currently viewing HUKUM SALING
  • Post category:Artikel

“Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” (Galatia 6:2)

Perusahaan Gojek & Tokopedia didirikan melalui dukungan permodalan dari berbagai perusahaan dari dalam dan luar negeri. Akhirnya mereka masing-masing berhasil menjadi perusahaan lokal terbesar di bidangnya. Dalam menjalankan bisnisnya, mereka juga melakukan banyak kerjasama dengan berbagai perusahaan nasional papan atas lainnya seperti Astra Internasional, Telkomsel, berbagai Bank, Bluebird, dsb. Kendatipun mereka masing-masong telah mencapai hal-hal luar biasa, namun demi meningkatkan kerjasama dan mencapai sasaran yang lebih besar lagi, mereka memutuskan untuk menggabungkan keduanya menjadi perusahaan GoTo. Namun sungguh ironis, di kalangan ekonomi menegah ke bawah, masih banyak orang yang berjuang sendirian untuk dapat memulai usaha atau sekedar berusaha menjalankan bisnisnya dengan susah payah.

Sahabat NK, Firman Tuhan mengajarkan kita untuk saling peduli, saling mengasihi & saling menolong.  Bukankah sudah sepatutnya bagi kita untuk dapat saling bekerjasama dalam menanggung beban dan agar dapat mencapai tujuan-tujuan yang lebih besar dan mulia, misalnya dalam hal penjangkauan jiwa, pelayanan maupun bisnis sekalipun? Tidak jarang kita melihat orang-orang yang sedang dalam kesulitan atau bahkan banyak diartara kita yang merrindukan untuk dapat mencapai tujuan-tujuan yang mulia. Dalam hal demikian, baik para pelaku bisnis, para pemimpin gereja dan orang-orang percaya yang telah memiliki kasih Allah yang sejati, tentunya akan selalu mengamalkan perkara “saling” ini secara alamiah.

Saat kita mu;lai dapat bersinergi, saat itulah kita akan dapat mulai melihat bagaimana kasih dan kuasa Allah dinyatakan ditengah-tengah kita. Sebagaimana juga yang pernah dikatakan oleh Ibu Teresa; “Saya dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan, dan Anda dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat saya lakukan; Bersama-sama kita dapat melakukan perkara-perkara besar.  [WT]

P1: Apakah kita cenderung bekerjasaam atau bekerja sendirian?

P2: Apa yang akan Anda lakukan agar mengembangkan sikap saling dengan sesame orang percaya?