You are currently viewing INFORMASI AKURAT
  • Post category:Artikel

“Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: “Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!” (Bilangan 13:30)

Ada seorang Raja ingin memelihara gajah. Tetapi karena belum pernah melihatnya, maka diutusnya tiga orang untuk melihat di kerajaan tetangga dan memberi keterangan tentang gajah yang akan dipeliharanya.

Pergilah ketiga orang tersebut untuk melihat dan memperhatikan gajah yang dimaksud oleh Raja dari tempat yang berbeda-beda. Orang pertama mengatakan, “Raja, gajah itu adalah hewan yang panjang karena hidungnya saja panjang apalagi badannya.” Kemudian orang kedua melaporkan, “Raja, gajah itu hewan yang langsing karena ekornya tipis.” Akhirnya orang ketiga melaporkan, “Raja, gajah itu binatang yang memiliki telinga lebar.”

Mendengar penjelasan dari ketiga orang yang diutusnya, akhirnya bayangan Raja mengenai gajah adalah binatang panjang yang langsing dan memiliki telinga lebar. Kandang disiapkan dengan sukacita namun tidak cukup untuk badan gajah yang besar karena informasi yang salah dari orang-orang yang tidak mengetahui tentang gajah.

Dari cerita di atas, Raja mendapatkan informasi yang tidak lengkap sehingga menghasilkan tindakan yang tidak tepat. Ketiga orang yang diutusnya memberi informasi yang menyesatkan. Itulah yang dihindari oleh Kaleb ketika ia menentramkan hati bangsa Israel mengenai negeri yang dijanjikan Tuhan bagi bangsa itu. Kaleb dan Yosua tidak ingin bangsanya mendapat informasi dari sudut pandang yang salah dari sepuluh orang pengintai sehingga menjadi putus asa. Kaleb dan Yosua harus berjuang untuk menyakinkan bangsanya bahwa Tuhan menyertai mereka atas negeri itu. Dua belas orang pengintai, namun hanya dua orang yang mampu untuk memberi informasi yang benar.

Sahabat NK, mari belajar untuk mengenal kebenaran firman Tuhan. Mengenal kebenaran-Nya membuat anda mengerti akan setiap rencana Tuhan dalam hidup sehingga informasi yang diberikan tentang Dia adalah benar. [RS]

P1: Mengapa penting memberikan informasi yang benar?

P2: Bagaimana caranya Anda dapat menginjil yang sesuai firman Tuhan?