You are currently viewing JAGA PERGAULAN
  • Post category:Artikel

‘Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik’ (1 Korintus 15:33)

Jaman sekarang, pergaulan bisa membuat seseorang menjadi terjerumus dalam hal negatif, berujung ke masalah hukum, bahkan kematian. Banyak sekali kejadian bintang film yang tertangkap karena narkoba. Bukan hanya sekali, tapi beberapa kali tertangkapnya dengan kasus yang sama. Padahal waktu keluar dari penjara, bilang “Sudah kapok dan tidak akan mengulang lagi!” Hebatnya bahkan memberi nasihat agar kaum muda tidak ikut-ikutan dirinya. Tapi tidak lama, tertangkap lagi bersama teman-temannya.

Bukan itu saja, kalau kita bergaul dengan orang yang salah, bisa mengakibatkan hal yang buruk juga. Beberapa waktu lalu saya mendengar kesaksian bahwa temannya adalah orang yang sangat rohani. Namun entah mengapa, akhirnya menjadi aneh. Sangat ekstrem, bahkan sampai ‘menginjil’ tanpa mengenal tempat. Terkadang menjelek-jelekkan agama lain dan memaksa orang untuk mengikutinya (bilangnya sih Kristen). Akhirnya, banyak temannya yang menjauhinya.

Namun, rupanya Alkitab sudah mengingatkan dari dahulu, bahwa kita sebaiknya menjaga pergaulan kita, terutama anak-anak remaja yang rentan dengan pencarian identitas diri. Anak remaja masih mencari-cari gaya hidup mana yang cocok dengan nya. Bila mereka salah bergaul, maka apa yang diajarkan selama ini di keluarganya pun, bisa berubah. Lebih repot bila kemudian dia mempengaruhi orang lain dan juga menjadi sesat.

Dalam Alkitab, Yesus menegur orang Saduki yang bertanya hal yang berkaitan tentang kebangkitan, namun Yesus menjawab bahwa mereka sesat sebab tidak mengerti Kitab Suci dan kuasa Allah. Oleh karena itu, satu-satunya ajaran yang membuat kita agar berjaga terhadap ajaran sesat adalah alkitab dan dekat dengan Allah melalui doa, pujian, perenungan Firman Tuhan, bergaul dalam komunitas sel dan rajin beribadah; agar kita bisa tahu mana yang sesat dan mana yang tidak. [JA]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1 : Ajaran seperti apakah yang Anda tahu bahwa itu ajaran sesat?

P2 : Apakah yang Anda lakukan bila mengetahui ada seseorang yang mengajarkan Anda ajaran sesat?