You are currently viewing JEBAKAN KESESATAN
  • Post category:Artikel

“Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain, yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.” (Galatia 1:6)

Beberapa waktu belakangan ini lagi-lagi Indonesia dikejutkan dengan fenomena sebuah ajaran yang nyeleneh alias sesat. Mereka namakan sekte yang berkembang di Serang, Banten ini dengan Kerajaan Ubur-Ubur. Kelompok ini melakukan ritual hingga tengah malam dan kemudian mengganggu warga yang lain. Aisyah sebagai pemimpin mengaku dirinya sebagai Ratu Kidul yang menganut Sunda Wiwitan, sekaligus mengakui Kitab Suci agama tertentu. Penyidik Polres daerah tersebut meminta pendapat ahli pidana terkait hasil pemeriksaan kejiwaan Aisyah sebagai pemimpin kerajaan tersebut.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam, Aisyah diduga sudah membuat ajaran yang menyimpang dari keimanan dari agama tertentu bahkan agama-agama lainnya. Jika kita amati, ini bukan hal baru. Ada begitu banyak aliran-aliran yang bermunculan atau pemikiran-pemikiran keliru dalam dunia ini yang mencoba menyesatkan iman percaya setiap kita.

Kita harus meningkatkan kewaspadaan ketika mendengar banyaknya pengajaran-pengajaran yang seakan-akan menyampaikan kebenaran, padahal begitu banyak pesan-pesan yang tersembunyi dan menyesatkan. Kita harus sangat berhati-hati karena kita bisa saja jatuh ke dalam perangkap yang mereka tawarkan. Sepintas semua bisa terlihat menggiurkan, menjanjikan, namun ujungnya membawa kita jauh dari kebenaran.

Pilihan fatal mengikuti penyesatan dalam hidup sekarang dapat berakibat pada kekekalan. Oleh karena itu Sahabat NK, kita harus lebih waspada dan lebih mendekatkan diri kita kepada Tuhan dan kebenaran-Nya. Kita memohon agar Tuhan terus memberikan hikmat dan marifat-Nya sehingga kita bisa mendeteksi manakah ajaran yang benar, manakah ajaran yang salah. Pada akhirnya, setiap kita tidak tergoyahkan dengan ajaran-ajaran yang menyesatkan. [DH]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1 : Langkah apa yang anda lakukan untuk menghindari ajaran sesat!

P2 : Apa yang ada lakukan untuk meneguhkan iman percaya Anda kepada Yesus!