You are currently viewing KERJA! KERJA! KERJAAAAA!!!!
  • Post category:Artikel

“Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepadaKu untuk melakukannya” ( Yohanes 17 : 4 )

Pekerjaan apa yang sedang digeluti sekarang? Puaskah kita dengan pekerjaan kita? Sudahkah kita bertanggung jawab dengan pekerjaan kita?  Apakah pekerjaan itu memberi rasa bangga, disamping penghasilan tentunya.; Baru hari itu, untuk pertama kalinya saya melihat dari dekat bagaimana tukang tambal ban bekerja. Tanpa melibatkan mesin  canggih tapi menurut saya peralatan yang digunakan tidak ada di Negara manapun.  Meneliti ban yang teridentifikasi bocor dengan cara merendamnya di dalam air, diamati  dengan seksama, sampai keluar gelembung – gelembung udara, menandainya,  lalu mulai menambalnya. Cara kerja sederhana namun melibatkan tehknik, keahlian, ketelitian dan sukacita. Sukacita, karna ia bekerja dengan siulan yang mengiringi lagu dangdut yang ia dengarkan, bekerja dengan hati!; Sampai hari ini saya masih ingat, tulisan pertama saya yang dimuat di harian lokal Jogja diberi imbalan Rp. 5000,-  harga yang tidak sebanding dengan apa yang sudah saya keluarkan, berjibaku demi mendapatkan sebuah berita. Tapi ini hasil kerja saya yang pertama, untuk pertama kalinya saya bisa mencari uang sendiri dan untuk pertama kalinya tulisan saya dimuat di surat kabar.  Bangga? Tentu saja, dari situ saya belajar lebih banyak lagi cara menulis yang baik agar menghasilkan uang yang lebih banyak, ada kerja keras ada hasil.; Ternyata tidak cukup hanya menghasilkan uang yang lebih banyak, atau bekerja dengan hati saja. Seiring  berjalannya waktu, saya banyak diajar bahwa pekerjaan, profesi atau apapun namanya itu tidak hanya bicara tentang uang. Karna ketika kita bicara tentang bagaimana mengelola pekerjaan dengan baik, itu berarti ada nama Tuhan yang dipertaruhkan, ada tanggung jawab dan loyalitas terhadap perusahaan, dan atasan kita. Juga  bukan hanya karna kita manusia yang harus berpenghasilan, tapi juga bagaimana mencintai pekerjaan kita, bagaimana bisa menjadi berkat di dunia sekuler ,bagaimana bisa berkarya di dalamnya, dan bagaimana bisa menjaga dan membawa nama baik tempat dimana kita bekerja. Jadi papun pekerjaan kita hari ini nikmati, syukuri, kerjakan, dan semangatt !! [WER]

P1 :  Sudahkah berterimakasih dalam doa untuk pekerjaan kita hari ini?

P2 : bertanggung jawab pada pekerjaan  bukan hanya soal  sudah menyelesaikan bagian kita, tapi juga hal kecil misalnya, waktu, memakai peralatan dan fasilitas perusahaan, sudahkah kita juga bertanggung jawab?