You are currently viewing KESEHATAN TUBUH
  • Post category:Artikel

KESEHATAN TUBUH

“Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.” (1 Korintus 3:16-17)

Allah menciptakan manusia segambar dan serupa dengan Allah dalam moral dan kekudusannya, itulah sebabnya manusia sering di sebut sebagai Imago Dei atau gambar Allah. Oleh sebab itu sudah selayaknya manusia harus berpikir dan bertindak seturut dengan identitasnya sebagai gambar Allah. Ketika Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, gambar dan rupa Allah tersebut telah menjadi rusak baik dalam moralnya dan juga kekudusannya, tetapi syukur kepada Tuhan Yesus Kristus karena telah datang ke dunia untuk menebus manusia dan mengembalikan hakekat manusia sebagai gambar dan rupa Allah.

Dalam pelayanan kepada jemaat di kota Korintus rasul Paulus mengingatkan orang-orang percaya yang ada di kota tersebut agar mereka senantiasa bahwa cara berpikir dan bertindak mereka haruslah diselaraskan sesuai dengan identitas mereka sebagai orang percaya. Kota Korintus adalah kota yang maju pada zamannya, tentu saja sebagai sebuah kota yang maju memiliki banyak tawaran-tawaran yang dapat menjerumuskan mereka ke dalam dosa itulah sebabnya rasul Paulus mengingatkan dan menegaskan bahwa mereka harus hidup sesuai dengan keinginan Allah dan tidak mencemarkan tubuh atau hidup mereka dalam dosa dan pelanggaran. Rasul Paulus memberikan dua alsan penting mengapa mereka harus mejaga dan tidak mencemarkan tubuh mereka, yang pertama: “ Kamu adalah bait Allah”. Bait Allah adalah pusat penyembahan bagi umat Israel sebelum kedatangan Kristus, tetapi setelah Kristus datang maka setiap orang yang percaya kepadanya di sebut sebagai bait Allah. Bait Allah berbicara tentang kekudusan dan tidak ada kecemaran di sana. Hal kedua; Roh Allah diam di dalam kamu. Allah adalah kudus, di dalam Allah tidak ada kecemaran dan kejahatan oleh sebab itu jika Roh Allah ada di dalam kita hal itu berarti bahwa ebagai orang percaya setiap hari kita harus selalu berusaha untuk hidup dalam kekudusan dan kesucian Allah. Rasul Paulus memberikan sebuah peringatan yang sangat keras “ barangsiapa yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakannya”.

Marilah kita terus mempraktekan kehidupan yang kudus dan pikiran yang kudus setiap hari, tentu saja hal tersebut cukup sulit, tetapi sulit bukan berarti tidak bisa. Tuhan menghargai proses kita untuk hidup dalam kekudusan. Sebab ada tertulis; Kuduslah kamu sebab Aku kudus.1 Petrus 1:16.  [VIC]

P1: Apakah yang sudah anda lakukan untuk hidup dalam kekudusan?

P2: Bagaimana anda menjaga hidup anda agar tetap kudus dan berkenan kepada Tuhan Yesus Kristus?