You are currently viewing LONCENG GAREJA SU BABUNYI
  • Post category:Artikel

Kata mereka: “Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?” (Matius 24:3b).

Saya senang mendengar lirik lagu “Lonceng Gareja Su Babunyi” yang dinyanyikan oleh Jhon Tanamal. Pesan moral lagu ini adalah mengajak gereja Tuhan untuk peka dan mendengar lonceng gereja sudah berbunyi memanggil umat-Nya untuk siap sedia sebab tanda-tanda kedatangan Tuhan Yesus untuk kedua kali sudah semakin nyata. Ketika Yesus naik ke bukit datanglah murid-murid-Nya untuk bercakap-cakap dengan-Nya. Para murid bertanya kepada Tuhan Yesus apakah tanda kedatangan-Mu nanti dan apa tanda kesudahan dunia ini.

Selama ribuan tahun, para pengikut Yesus Kristus telah menanti-nantikan kedatangan kedua sebagai waktu kedamaian dan sukacita. Namun sebelum Juruselamat datang, manusia dan penduduk bumi akan mengalami ujian-ujian dan bencana-bencana besar. Tuhan menginginkan kita siap menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut. Dia juga mengharapkan kita menjadi siap secara rohani ketika Tuhan Yesus datang dalam kemuliaan-Nya. Oleh karena itu Tuhan Yesus telah memberi kita tanda-tanda, yaitu peristiwa-peristiwa yang akan memberi tahu kita bahwa tanda kedatangan-Nya sudah dekat.

Beberapa tanda yang semakin nyata dan sudah mulai digenapi satu persatu sedang digenapi dan yang lain akan digenapi di masa yang akan datang. Kejahatan, peperangan, gempa bumi, dan kekacauan akan terjadi di berbagai belahan dunia. Manusia menjadi hamba uang, mencintai dirinya sendiri. Tuhan berfirman, “cinta kasih manusia” akan menjadi beku, kedurhakaan akan berlimpah-limpah. Dan segala sesuatu akan menjadi kacau dan rasa takut akan menimpa semua manusia. Kita tidak bisa mengendalikan gempa bumi, penyakit, kelaparan, dan badai yang hebat. Hujan es akan menghancurkan hasil panen di bumi.

Tuhan Yesus memberitahu kepada kita bahwa peperangan akan memenuhi bumi, bangsa bangkit melawan bangsa, Kerajaan melawan Kerajaan. Melihat situasi dan kondisi seperti ini kita tidak boleh putus asa. Gereja harus bangun siapkan diri. Mari siapkan diri kita untuk menyambut kedatangan Kristus kembali. Jangan hanya sibuk dengan urusan di dunia ini yang tidak akan pernah ada ujungnya. LONCENG GAREJA SU BABUNYI BASODARA. [RB]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1 : Sudahkah anda siap menyambut kedatangan Kristus kembali?

P2 : Apa langkah yang anda ambil dengan melihat semua tanda-tanda kedatangan Tuhan yang kedua kali sudahkah anda siap?