You are currently viewing MABUK MEMBAWA DUKA
  • Post category:Artikel

“Mereka pusing dan terhuyung-huyung seperti orang mabuk dan kehilangan akal.” (Mazmur 107:27)

Awal bulan Februari 2022, media online nasional diwarnai berita meninggalnya 9 orang karena mabuk miras oplosan di Jepara. Setelah menerima gaji bulanan, mereka merayakannya dengan saling adu kuat siapa yang bisa minum miras terbanyak. Akibatnya malah fatal, mereka mabuk berat dan meninggal di tempat. Peristiwa semacam ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi di berbagai negara lain juga seperti di Lithuania dan Costarica. Korbannya pun ada yang enam belas orang dan ada yang 19 orang. Umumnya mereka yang menjadi korban memang sudah terbiasa minum minuman keras.

Secara medis, penggunaan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan perkembangan penyakit kronis dan masalah kesehatan serius lainnya seperti Tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, penyakit hati, dan masalah pencernaan. Selain itu, mengkonsumsi alcohol membuat fungsi otak menjadi terganggu dan kesehatan mental juga menjadi menurun.

Dalam ayat nats hari ini kita membaca tentang apa yang terjadi pada orang yang meminum minuman keras. Yaitu pusing, terhuyung-huyung dan kehilangan akal. Firman Tuhan secara jelas menasehati kita untuk hidup dipenuhi dengan Roh Kudus, bukan dipenuhi oleh minuman keras. Minuman keras membuat kita tidak sehat secara jasmani dan rohani.

Masih ada orang-orang Kristen yang mempunyai kebiasaan minum- minuman keras. Bahkan di daerah yang mayoritas masyarakatnya beragama Kristen, sangat disayangkan perilaku mabuk-mabukannya sangat memalukan dan mencoreng citra daerah yang seharusnya bisa menjadi terang dan garam bagi bangsa.

Sebagai orang percaya, Tuhan mau agar kita menyalibkan kedagingan dan menguasai diri kita agar kita sehat secara rohani dan juga jasmani. Kalau ada diantara sahabat NK yang masih punya kebiasaan mabuk-mabukan, mari berubah dan jalani hidup dalam kebenaran firman Tuhan, agar kita sehat selalu lahir dan batin. [BT]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1: Apakah minum minuman keras baik bagi kesehatan tubuh dan mental seseorang?

P2: Kalau saat ini saudara memiliki ketergantungan pada alkohol, mari ambil langkah perubahan saat ini. Tinggalkan minuman keras dan hiduplah bagi Tuhan.

Bacaan : 2 Raja-Raja 23-25