You are currently viewing MANFAAT DOA
  • Post category:Artikel

“Tetaplah Berdoa.” (1 Tesalonika 5:17)

Matanya sudah buta karena dicungkil oleh lawannya. Dan ia disuruh melawak dalam berbagai kesempatan. Tadinya ia tersohor sebagai orang yang sangat kuat dan disegani serta ditakuti, tapi sekarang ia menjadi bahan tertawaan. Namanya adalah Simson. Sejak bayi ia sudah diberikan kekuatan yang spesial oleh Tuhan, dan dengan kekuatannya yang sangat luar biasa itu ia dapat mengalahkan musuh-musuh bangsanya. Simson punya karisma yang hebat, dan kekuatan yang tidak ada duanya, namun terdapat indikasi yang kuat bahwa ia jarang berdoa meminta hikmat dan tuntunan Tuhan dalam kesehariannya. Ia cenderung menuruti hawa nafsu dagingnya daripada menuruti kehendak Tuhan. Ia lebih banyak bersandar pada kekuatannya sendiri. Baru setelah ia berada dalam masalah yang sangat kritis, ia berdoa kepada Tuhan.

Jangan tunggu kita berada dalam masalah baru kemudian berdoa, jangan tunggu diri kita mengalami persoalan baru bertanya kepada Tuhan. Setiap hari kita perlu hikmat dan tuntunan Tuhan dalam melangkah, mengambil keputusan dan melakukan berbagai hal. Ada banyak pilihan yang harus kita tentukan, maka bijaksana lah dalam memilih dan untuk itu kita perlu tuntunan Tuhan dengan berdoa minta hikmat dariNya.

Ada banyak sekali manfaat doa yang sangat baik buat kita, diantaranya adalah: 1) Doa membuat kita mengerti kehendak Tuhan. Dengan berdoa, kita membuka komunikasi dengan Tuhan, dan Tuhan akan memberikan kita pengertian oleh Roh KudusNya sehingga kita dapat memahami apa yang terbaik dan yang berkenan untuk kita lakukan (Yakobus 1:5). 2) Doa memberikan kekuatan kepada kita. Dalam Matius 26:41 tertulis: Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan, roh memang penurut tetapi daging lemah. Kita diajar Tuhan untuk tetap berdoa, supaya kita kuat dalam menghadapi berbagai pencobaan yang ada. Dengan berdoa kita menerima impartasi kekuatan sorgawi dari Tuhan untuk menjadi kuat secara roh sehingga dapat menguasai diri. 3) Doa mengubah keadaan. Dalam Yakobus 5:16b tertulis Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Apapun situasi sulit dalam hidup kita, itu dapat berubah karena doa-doa kita. Mari tetap berdoa. [BT]

P1: Mengapa kita harus tetap berdoa? Apa jadinya bila kita tidak berdoa

P2: Berapa kali sehari saudara berdoa? Mari berdoa lebih lagi kepada Tuhan.