You are currently viewing MENAMBAHI FIRMAN-NYA
  • Post category:Artikel

“Jangan menambahi firman-Nya, supaya engkau tidak ditegur-Nya dan dianggap pendusta.” (Amsal 30:6)

Saya masih ingat ketika pada November 2003 meliput peristiwa yang viral kala itu: Sekte Kiamat! Di sebuah tempat di Bale Endah, Bandung Selatan, kelompok ini menunggu kedatangan Kristus yang kedua kali, yang mereka yakini akan terjadi pada 10 November 2003. Dari mana dasar keyakinan tersebut? Dari wawancara terhadap beberapa pengikut sekte ini, saya mendapatkan informasi bahwa hal inilah yang diajarkan berulang-ulang oleh Pdt. Mangapin Sibuea, pemimpin mereka. Ada 280 lebih jemaat meyakini kedatangan-Nya akan terjadi pada tanggal itu dan beberapa hari sebelumnya, mereka intens mengadakan persiapan.

Ajaran tentang pengangkatan itu dibukukan dan juga di-VCD-kan agar lebih mudah disosialisasikan ke berbagai penjuru negeri. Alkitab menarasikan dengan jelas bahwa soal kedatangan-Nya yang kedua kali, hanya Bapa sendiri yang tahu (Mat 24:36). Tetapi lantaran keingintahuan yang berlebihan, manusia tergoda untuk menambahi apa yang tidak difirmankan-Nya. Maka dicarilah pembenaran agar seolah-olah Tuhan memberitahukan apa yang tidak diketahui manusia itu.

Betapa banyak kerugian timbul dari perilaku menyimpang dalam memahami firman Tuhan ini. Kerugian materi sudah pasti. Berapa banyak tanah, rumah, dan harta milik yang dijual untuk mengikuti pengajaran menyimpang ini. Belum lagi kerugian rohani karena tidak bertumbuh di dalam kebenaran Allah, tetapi menikmati sesuatu yang salah.

Pekerjaan roh Antikristus di akhir zaman ini memang terletak pada usaha utama membelokkan arah fokus orang percaya. Jika kita tidak dengan mengurangi, mengaburkan, ya dengan menambahi apa yang tertulis di dalam Alkitab. Tidak ada cara lain agar tetap berada di dalam poros kebenaran, kecuali kita makin mendalami kebenaran, meyakininya dan kemudian melakukan dalam hidup kita sehari-hari. [JP] 

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1 : Seperti apa Anda memahami atau mengidentifikasi mengenai roh antikris yang ada dalam kehidupan sekarang ini?

P2 : Apa rencana Anda untuk membentengi diri dan mempersiapkan diri menghadapi roh antikris dan berbagai pengajarannya yang menyimpang?