You are currently viewing MENANGKAP KERA
  • Post category:Artikel

“Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.” (1 Timotius 6:9)

Di Afrika, cara berburu monyet begitu unik, memungkinkan si pemburu menangkap monyet dalam keadaan hidup tanpa cedera sedikitpun. Cara menangkapnya sederhana saja. Pemburu hanya menggunakan toples berleher panjang dan sempit. Toples itu diisi kacang yang telah diberi aroma. Tujuannya untuk mengundang monyet-monyet datang. Setelah diisi kacang, toples-toples itu ditanam dalam tanah dengan menyisakan mulut toples dibiarkan tanpa tutup. Para pemburu biasa berburu di sore hari. Keesokan harinya mereka mendapati monyet-monyet yang tangannya terjebak di dalam botol karena tidak bisa menarik tangannya keluar dari botol tersebut.

Mengapa hal tersebut terjadi? Monyet-monyet itu tertarik pada aroma yg keluar dari setiap toples. Mereka mengamati lalu memasukkan tangan untuk mengambil kacang-kacang yang ada di dalam. Tapi karena menggenggam kacang itulah menyebabkan monyet-monyet itu tidak bisa menarik keluar tangannya. Selama monyet tersebut mempertahankan kacang-kacang itu, maka merekapun terjebak. Toples itu terlalu berat untuk diangkat. Jadi, monyet-monyet itu tidak akan dapat pergi ke mana-mana dan terjebak di sana.

Sahabat NK, mungkin kita akan tertawa melihat tingkah bodoh monyet-monyet itu, tetapi bukankah itu yang kadang sering juga kita lakukan? Ketika seorang ingin menjadi kaya dan serakah, akhirnya terjebak kepada kesulitan hidup. Menurut 1 Timotius 6:9 “Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.” Keserakahan mendatangkan dukacita.

Suatu ketika Simon si penyihir takjub ketika melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang terjadi oleh para rasul. Ketika melihat Petrus menumpangkan tangan dan turunlah Roh Kudus, maka Simon menawarkan uang meminta kuasa untuk menumpangkan tangan sehingga seseorang bisa menerima Roh Kudus. Petrus menolaknya dan menegur Simon, sadar bahwa karunia itu adalah dari Tuhan. [WR]

P1: Evaluasi diri. Apakah Anda pernah/sedang mengalami kerugian karena serakah?

P2: Pikirkan suatu tindakan agar menang terhadap keserakahan. Lakukanlah!