You are currently viewing MENJAGA KESEHATAN
  • Post category:Artikel

MENJAGA KESEHATAN

“Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (1 Korintus 6:20b)

Sebagai orang Kristen kita bertanggung jawab atas kesehatan tubuh, bukan hanya Roh dan Jiwa saja. Kita harus menjaga diri sendiri secara utuh: tubuh, jiwa, dan roh. Memang barangkali sering kita dengar bahwa kehidupan roh harus lebih utama dari pada kepentingan tubuh. Tetapi ini tidak berarti bahwa kita tidak perlu menjaga kesehatan tubuh kita. Bahwa tubuh jasmani hanya berguna selama kita ada di dunia ini, sedangkan kehidupan rohani berguna untuk kehidupan yang akan datang. Namun itu tidak berarti bahwa tubuh jasmani kita tidak penting. Tubuh jasmani kita sangat penting karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melayani Tuhan dan sesama dengan baik. Tubuh yang sehat mendukung aktivitas rohani, sehingga kita bisa berkembang dengan optimal.

Memang ada kelompok tertentu, yang di dalam ritual ibadahnya, kadang menyiksa diri agar dapat bertemu tuhannya. Hal seperti ini seakan menunjukkan bahwa tubuh tidak penting, yang penting bertemu tuhan. Praktek seperti itu sudah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu dan masih berlangsung sampai sekarang. Bahkan di dalam Perjanjian Lama, Tuhan melarang bangsa Israel untuk melakukan praktek menyiksa tubuh (Im 19:28), karena praktek ini lazim dilakukan oleh bangsa-bangsa lain di tanah Kanaan.

Tuhan Yesus dalam pelayanannya di muka bumi, banyak sekali menyembuhkan orang sakit. Bahkan kesembuhan tubuh (menyembuhkan penyakit) merupakan mujizat terbanyak yang dilakukan oleh Tuhan Yesus. Ini memberikan gambaran yang jelas bahwa Tuhan peduli dengan kesehatan tubuh kita. Tuhan ingin kita memelihara tubuh kita dengan baik, karena dengan tubuh yang sehat kita dapat beraktivitas dengan maksimal.

Oleh karena itu kita wajib menjaga kesehatan tubuh. Usahakan agar kondisi tubuh kita senantiasa ada dalam keadaan prima. Perhatikan makanan yang kita makan, usahakan harus seimbang. Berikan tubuh istirahat yang cukup. Jangan hidup dengan sembarangan sehingga tubuh kita harus menanggung akibatnya dan menjadi sakit. usahakanlah agar kita menjadi pribadi yang produktif dan berkontribusi signifikan bagi Tuhan dan sesama.[WK]

P1: Sudahkah Anda memperhatikan kesehatan tubuhmu?

P2: Apa yang harus dilakukan agar Anda dapat memiliki tubuh yang sehat dan prima?