You are currently viewing MENS SANA IN CORPORE SANO
  • Post category:Artikel

“Mereka mencobai Allah dalam hati mereka dengan meminta makanan menuruti nafsu mereka” – (Mazmur 78:18)

Walaupun judul di atas adalah frasa Latin, tapi pastinya kita semua tahu dengan istilah itu yang artinya kurang lebih “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa (pikiran) yang juga sehat/kuat”. Jadi yang namanya sehat itu jelas tak dapat dipisahkan antara tubuh dan pikiran. Kalau tubuh kita tidak sehat atau banyak penyakit maka sedikit banyak kesehatan pikiran kita pun akan terganggu, minimal fokus kita akan terpecah memikirkan kondisi fisik kita.

Kalau kita percaya tubuh adalah Bait Allah maka kita harus memperlakukan tubuh kita sebagaimana layaknya Bait Allah, bukan hanya secara rohani tapi juga secara jasmani. Karena saat jasmani kita sehat tentunya akan sangat mendukung kesehatan kerohanian kita. Kita harus sehat jasmani agar bisa belajar, bekerja, beribadah dan juga melayani. Yang jadi masalah banyak orang Kristen hanya fokus pada kesehatan kerohanian mereka dengan tidak melakukan dosa tapi memuaskan kedagingan mereka dengan membiarkan keinginan daging merajalela sehingga merusak kesehatan tubuh, contoh yang paling mudah adalah kebiasaan makan. Orang Kristen dikenal paling suka makan, seringkali setiap acara ibadah diakhiri atau disertai dengan acara makan-makan. Fatalnya ada konsep yang sangat salah di kalangan orang Kristen bahwa semua makanan yang ada di depan kita adalah “berkat” jadi jangan menolak berkat apapun makanannya, yang penting sebelum makan didoakan dan dikuduskan. Ini sangat fatal, untuk memuaskan nafsu kedagingan kita minta makanan yang tidak sehat untuk dikuduskan. Yang tidak sehat ya tetap tidak sehat walaupun didoakan, Tuhan tidak bekerja dengan cara seperti itu. Manusia sudah diberi akal budi untuk memilah apa yang baik dan apa yang buruk.

Jadi mulailah memperlakukan tubuh sebagai Bait Allah, tidak hanya secara rohani tapi juga menjaga kesehatan jasmaninya. Mulailah dari cara yang termudah tapi paling mempengaruhi kesehatan yaitu mengatur pola dan porsi makan, makanlah secukupnya, makanlah apa yang dibutuhkan tubuh bukan apa yang memuaskan kedagingan kita. Tidak semua makanan adalah berkat. Kalau berkat pasti mendatangkan kebaikan, kalau mendatangkan penyakit tentunya bukan berkat melainkan kutuk. [CK]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1: Sudahkah anda menjaga kesehatan jasmani anda layaknya sebagai Bait Allah?

P2: Langkah apa yang akan anda lakukan agar tubuh jasmani anda bisa lebih sehat?

Bacaan : 1 Raja-Raja 1-4