You are currently viewing MERUSAK ATAU MERAJUT?
  • Post category:Artikel

“ Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia. Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan. Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu , supaya jangan tawar hatinya.” (Kolose 3:18-21)

“Harta yang paling berharga adalah keluarga, istana yang paling indah adalah keluarga. Puisi yang paling bermakna adalah keluarga, Mutiara tiada tara adalah keluarga. Selamat pagi emak, selamat pagi Abah, Mentari hari ini berseri indah. Terima kasih emak, terima kasih Abah. Untuk tampil perkasa bagi kami putra putri yang siap berbakti.”ini adalah syair lagu dari sebuah sinetron berjudul “keluarga cemara” yang tayang di televisi tahun 2000an.

Sangat mesra lagu ini menggambarkan sebuah hubungan yang harmonis antar anggota keluarga. Ada salam kepada orangtua, ada pujian untuk perjuangan suami istri bagi anak-anaknya dan ada pengabdian dari anak kepada orangtua. Jika sinetron ini saja dapat menggambarkan kehangatan sebuah keluarga, terlebih lagi Yesus yang sangat mengasihi umat-Nya. Kolose 3:18-21 mengingatkan bahwa hubungan antara suami istri, anak dan orangtua berdasarkan kasih Tuhan kepada umat-Nya. Namun karena dosa, istri lebih suka menanduk daripada tunduk kepada suami, demikian juga suami lebih mengasihi pekerjaan atau hobi dibandingkan istrinya. Kemudian anak-anak meremehkan orangtua serta bapa-bapa meninggalkan rasa sakit hati kepada anak karena tidak memiliki keteladanan dalam hidupnya. Oleh karena itu jangan biarkan dosa merusak hubungan.

 Dosa membuat rusak hubungan keluarga namun pengampunan melalui Yesus merajut kembali setiap jalinan yang sudah rusak. Bagaimana dengan Sahabat NK? ada diposisi manakah saat ini? posisi merusak atau merajut sebuah hubungan? Hanya dengan memandang Yesus saja, sebuah jalinan yang rusak atau putus dapat dirajut kembali. Hubungan Suami dan istri, anak dan orangtua adalah hubungan yang paling berharga di dunia ini karena Yesus ada didalam keluarga. Rajutlah kasih Yesus dalam membanguns sebuah keluarga. [RIV]

P1: Apa dasar dari hubungan yang tertulis dalam Kolose 3:18-21?

P2: Bagaimana caranya agar dapat menjalin hubungan yang harmonis antar anggota keluarga?