You are currently viewing MITOS ATAU FAKTA
  • Post category:Artikel

“Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.” (2 Yohanes 1:7)

Saya sedang berada di Prague Castle, tepatnya di depan gereja Katedral Saint Vitus yang bersejarah, ketika tanpa sengaja mendengarkan penjelasan seorang turis kepada temannya. Ia menunjuk kepada ukiran-ukiran yang terpatri di bagian depan gereja dan berkata, “Saya heran bagaimana mitos tentang Yesus Kristus ini bisa ada dan dipercayai orang sampai sekarang.” Ia menganggap kisah Yesus hanyalah sebuah mitos, bukan fakta.

Negara Ceko adalah negara urutan pertama di dunia dalam hal persentase jumlah atheis dibanding jumlah populasinya. Hampir 80% penduduk di Ceko adalah atheis. Mereka tidak memercayai Tuhan dan meninggalkan hal-hal rohani sebagai sesuatu yang usang bagi orang modern. Banyaknya gedung gereja di negara ini tidak menggambarkan kondisi kerohanian penduduk. Iman pada Tuhan telah lama ditinggalkan. Hanya sebagian kecil yang masih menjaga iman mereka.

Ayat pada nats di atas menyebutkan bahwa roh penyesat yaitu roh antikristus menjelajah ke seluruh dunia. Mereka tidak mengakui bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Mereka menolak setiap ajaran tentang penebusan dan karya keselamatan dalam Tuhan Yesus Kristus.

Antikristus itu sudah ada sejak dulu dan terus berkembang sampai sekarang ini. Bahkan roh antikristus itu masuk menyusup ke dalam gereja-gereja, melalui pengajar-pengajar sesat yang tidak mempercayai keTuhanan dan Kemesiasan Yesus Kristus.

Yesus Kristus adalah fakta sejarah dan fakta iman, bukan mitos. Dia adalah Tuhan dan Kristus. Mari kita waspada dan berjaga-jaga agar jangan sampai kita disesatkan dengan berbagai pengajaran sesat dan filosofi dunia yang berlawanan dengan firman Tuhan. Tetaplah teguh beriman kepada Tuhan Yesus Kristus sampai akhir. [BT]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1 : Berdasarkan nats di atas, apakah ciri utama antikristus?

P2 : Saringlah setiap pengajaran dan ujilah dengan firman Tuhan serta berimanlah teguh pada Tuhan Yesus Kristus.