You are currently viewing MULAI DARI MINUS
  • Post category:Artikel

“Kemalangan orang benar banyak, tetapi Tuhan melepaskan dia dari semuanya itu.” (Mazmur 34:19)

Frans Perkasa adalah pengusaha meubel online, pemilik situs teak123.com dengan omzet miliaran rupiah per-tahun. Namun itu semua tidak terjadi dalam satu malam. Sukses yang diraihnya sekarang merupakan buah kegigihannya bangkit dari keterpurukan. “Jika orang-orang membangun usaha dari nol, saya mulai dari minus, harus berjuang dari dalam jurang,” demikian dikatakan Frans. Kegagalan pertama dalam perjalanan bisnis Frans Pekasa terjadi ketika keluarganya tertimpa efek krisis moneter tahun 1998 lalu. Saat itu usaha kontraktor orangtuanya mengalami bangkrut dan bahkan kemudian harus menjadi “pasien” di Badan Penyehatan Perbankan Nasional atau BPPN. Namun pak Frans pantang menyerah dengan keadaan. Berdasar pengalaman magang di salah satu perusahaan furnitur di Surabaya, ia melihat potensi bisnis furnitur Indonesia yang sangat besar.

Frans mencoba membuat situs yang menjajakan produk-produk mebel Indonesia, khususnya dari rotan dan kayu jati. Tidak dinyana, usahanya ternyata membuahkan hasil dengan banyaknya order yang datang dari luar negeri. Ia lalu meneruskan order-order tersebut kepada para pengrajin furniture. Melalui kerjasama ini, Frans hanya mengambil komisi sebesar 10-15 persen untuk setiap satu peti kemas yang diekspor.

Sayang sekali, musibah kembali menerpa bisnis yang ia tekuni. Frans kembali tersandung masalah ketika rekan kerjanya mulai menipunya sekitar tahun 2004 lalu. Akibatnya seluruh aset mulai dari pabrik hingga karyawan diambil oleh rekan kerjanya sehingga pak Frans harus menanggung utang besar dari bank.

Kejatuhan yang kedua kali ini sempat membuat Frans dan istri stres. Seluruh aset baik rumah dan mobil pun ikut disita. Namun berbekal dukungan dari istri, akhirnya Frans Pekasa kembali bangkit. Nama baik dan kepercayaan menjadi modal utama Frans hingga mendapat pinjaman dan berhasil menggandeng ratusan pengrajin kayu. Strategi yang dipakai adalah mengincar pasar luar negeri dengan website teak123.com sebagai ujung tombak. Usaha ini menghasilkan omzet yang luar biasa hingga mencapai miliaran rupiah per-tahun. Tuhan menyertai mereka yang tekun! [DMP]

P1 : Bila anda sedang mengalami kegagalan jangan menyerah, tetap berharap pada Tuhan

P2 : Tuhan akan melepaskan setiap kemalangan orang benar