You are currently viewing ORANG BENAR BAYAR PAJAK
  • Post category:Artikel

Lalu kata Yesus kepada mereka : “Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah! (Lukas 20:25)

Orang bijak bayar pajak! Dalam keadaan yang normal, orang percaya harus membayar pajak dan tunduk kepada kuasa pemerintah (Roma 13:1-7), sekalipun kesetiaan tertinggi kita adalah kepada Allah. Kita harus patuh kepada pemerintah sekular di dunia kecuali bila itu bertentangan dengan hukum Allah; kita sekali-kali tidak boleh melanggar perintah Yesus untuk “memberikan kepada Kaisar apa yang Kaisar punya” Lalu kata Yesus kepada mereka: “Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar  apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” (Lukas 20:25)

Menjadi berkat bagi masyarakat lawan dari menjadi penyakit masyarakat, salah satu tanda seorang Kristen memiliki kesehatan spiritual yang baik adalah adanya hidup yang menghasilkan buah, dan buahnya dapat dinikmati oleh orang disekitar kita. Menjadi berkat bagi masyarakat adalah salah satu wujud buah yang dihasilkan orang Kristen yang sehat spiritualnya, yaitu ketaatan kepada otoritas dibawah Allah! Kekristenan yang sehat tidak akan menjadi batu sandungan bagi pertumbuhan gereja Tuhan pada suatu daerah! Justru Kekristenan yang sehat akan menjadi berkat bagi daerah dimana gereja Tuhan berada dan bertumbuh. Saat Bangsa Israel dalam pembuangan, Nabi Yeremia dalam Yeremia 29 : 7 mengingatkan untuk tetap berdoa bagi kesejahteraan kota dimana mereka berada. “ Usahakanlah kesejatheraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.”

Pajak yang dibayarkan akan digunakan untuk pembangunan dan pelayanan masyarakat, juga ada yang digunakan juga untuk mendukung pengembangan pelayanan melalui gereja baik secara langsung atau tidak. Melalui departemen pemerintahan yang ada, atau dinas-dinas terkait juga melalui infrastruktur yang dibangun juga secara tidak langsung sangat mendukung pelayanan gereja dimana-mana. Untuk itu sudah seharusnya orang Kristen juga menjadi berkat bagi masyarakat dimanapun Tuhan tempatkan kita. Teruslah jadi berkat! Tuhan Yesus Memberkati. [YJP]

P1:  Apakah Anda sudah memahami bagaimana cara gereja yang sehat menjadi berkat bagi masyarakat?

P2:  Ceritakanlah bagaimana Anda bertindak dalam  mengerjakan bagian Anda untuk menjadi berkat dalam masyarakat!