You are currently viewing PEDULI? SEJAUH MANA?
  • Post category:Artikel

Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali… Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!” (Lukas 10:35, 37b)

Jackie Pullinger adalah seorang misionaris wanita dari Inggris yang datang ke Hongkong dan melayani di sebuah kawasan tempat berkumpulnya para triad, prostitusi dan narkoba. Ketika ia baru memulai pelayanan, ia mengalami banyak sekali aniaya dan orang-orang disana tidak percaya kepadanya maupun kepada injil yang ia beritakan.

Setelah sekian lama dan banyaknya aniaya, ia akhirnya mendapatkan pengakuan dari orang lokal tersebut bahwa ada banyak yang datang dengan judul pelayanan dimana mereka hanya datang membawa beberapa barang lalu berfoto kemudian merasa puas dan menganggap dirinya telah melakukan pelayanan. Mereka tidak sungguh-sungguh peduli maupun mengasihi orang yang mereka layani.

Kisah tersebut mengingatkan saya terhadap orang-orang yang datang dengan berbagai ide pelayanan seperti mengunjungi panti asuhan dan panti jompo, membagikan makanan di kolong-kolong jembatan, mengirimkan sembako sambil mengunjungi lokasi bencana alam. Meskipun terdengar baik namun belum sepenuhnya mewakili teladan pelayanan yang diajarkan Yesus melalui perumpamaan orang Samaria yang baik hati.

Pertanyaannya adalah setelah itu apa? Sejauh mana kita mau melayani mereka? Berapa besar pengorbanan yang mau kita berikan selain sekadar berfoto bersama?

Sahabat NK, Yesus mengajarkan untuk melakukan pelayanan seperti orang Samaria dimana ia menuntaskan pelayanannya. Banyak orang yang perlu dirawat dan disembuhkan, bukan hanya sekedar diberi obat penahan sakit atau tempelan plester yang tidak memulihkan. Mari kita menuntaskan tugas pelayanan kita, sehingga bukan hanya penilaian baik yang kita dapatkan, tetapi juga tuntas dan menyeluruh. [WT]

P1: Apakah kita telah menuntaskan tugas pelayanan kita atau sekedar memiliki ide bagus tentang pelayanan saja?

P2. Apa yang akan Anda lakukan untuk dapat melayani dengan tuntas?