You are currently viewing PERGI UNTUK KEMBALI
  • Post category:Artikel

“Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.” (Yohanes 14:3)

“Sing: Kapan Yesus kembali, kapan Yesus kembali, mungkin lusa…a…a atau di lain hari”. Itu sepotong lagu guyonan yang diselipkan dalam sebuah khotbah. Terdengar jelas seperti lagu yang diplesetkan liriknya. Dari lagu tersebut digambarkan bahwa kita tidak tahu kapan tepatnya Yesus datang kembali. Kita tidak tahu kapan hari dan waktunya Tuhan Yesus datang. Dalam Matius 24:42, karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Apakah ada orang yang mengetahui waktu yang tepat akan kedatangan Yesus? “Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri.” (Matius 24:36)

Alkitab mengajarkan tentang tanda-tanda kedatangan Tuhan. Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: “Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya. Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya” (Matius 24:23-26)

Kita di minta untuk senantiasa berjaga-jaga dari ajaran sesat (Mat. 7:15-18), selalu siap sedia seperti 5 gadis yang bijaksana. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri (Titus 2:11-14). [WH]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1 : Sudahkah kita paham akan tanda-tanda kedatangan Tuhan kali yang kedua? Ceritakanlah!

P2 : Apa saja yang kita lakukan dalam menantikan kedatangan Tuhan untuk kedua kalinya? Jelaskan!