You are currently viewing Perintah penting
  • Post category:Artikel

‘Hormatilah ayahmu dan ibumu—ini adalah suatu perintah yang penting….’ (Efesus 6:2)

Beberapa waktu lalu saya pernah baca berita seorang anak kandung memperkarakan ibunya ke polisi bahkan berujung ke pengadilan. Bukan itu saja sebenarnya, ada beberapa kali berita yang mengabarkan antar keluarga saling mengadukan secara hukum.

Aneh memang, tega-teganya seorang anak berseteru dengan ibu kandungnya. Berita tersebut mengatakan bahwa anaknya ini menuntut sang ibu membayar sewa mobil yang sebenarnya milik orang tua, hanya diatasnamakan ke anaknya tersebut. Tentu sebagai orang tua tidak menyangka kejadian seperti ini, tentu menentang. Terjadilah keributan dan akhirnya si anak melaporkan ke polisi. Entah apa yang melatarbelakangi kejadian ini, sampai anak tersebut tidak punya rasa hormat atau tidak punya malu sehingga masuk berita.

Sahabat NK, Firman Tuhan mengatakan agar kita menghormati ayah dan ibu kita, bahkan ditekankan bahwa ini adalah perintah yang penting. Bukan perintah abal-abal, bukan perintah manusia…tapi tercatat di alkitab. Secara etika moral pun sebenarnya jelas, seorang anak harus menghormati dengan orang yang lebih tua, apalagi kepada orang tuanya.

Bahkan Firman Tuhan pun mengatakan, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun…dan diakhiri dengan “sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat.” Maukah sahabat NK menerima berkat kehidupan selama-lamanya? Hiduplah rukun dengan saudara-saudara seiman, dengan keluarga, terlebih dari itu yang sangat penting adalah menghormati orang tua yang melahirkan dan membesarkan kita. [JA]

P1: Mengapa alkitab menulis sebagai perintah penting untuk menghormati orang tua?

P2: Mulai sekarang, mari kita lebih menghormati lagi orang tua kita, kalau terkadang mungkin ngeselin karena sulit komunikasi, jangan lupa kita pun pada waktunya akan seperti itu.