You are currently viewing PERMINTAAN MAAF RAJA FREDERICK
  • Post category:Artikel

“Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.” (Matius 5:14)

Frederick the Great adalah raja Prussia yang berkuasa dari tahun 1740-1786. Kerajaan Prussia saat itu meliputi wilayah Jerman, Polandia, Rusia, Lithuania, Denmark, Belgia dan Republik Ceko.

Frederick mempunyai seorang Jenderal besar bernama Von Zealand yang menganut Kristen. Suatu kali, dalam sebuah pertemuan, raja Frederick mengutarakan sebuah lelucon kasar tentang Yesus Kristus dan semua hadirin tertawa terbahak-bahak. Pribadi yang disembah Von Zealand dijadikan bahan guyonan.

Von Zealand langsung berdiri tegap dan berkata, “Tuanku, engkau tahu bahwa saya tidak pernah takut mati. Saya telah berperang dan memenangkan 38 pertempuran untukmu. Saya sudah tua dan saya akan segera pergi ke hadirat Pribadi yang lebih besar darimu, Allah Maha Kuasa yang telah menyelamatkan saya dari dosa, Tuhan Yesus Kristus yang telah kamu olok-olok pada pertemuan ini. Saya menghormati tuan, namun saya mengasihi Juruselamat saya di ujung hidup kekekalan saya ini.”

Dengan suara yang bergetar, raja Frederick berkata, “Jenderal Von Zealand, saya minta maaf, saya minta maaf, saya minta maaf.” Dan seluruh ruangan menjadi begitu hening.

Nats Alkitab di atas menunjuk kepada kita semua sebagai terang dunia yang menerangi kegelapan. Dimanapun kita berada, apakah itu di dalam lingkungan kantor dan pekerjaan kita, biarlah kita selalu dapat menjadi saksi dan terang Kristus.

Tuhan meminta kita agar memberi pertanggungjawaban iman ketika diperlukan. Dia yang memanggil kita dan menguatkan Von Zealand, Dia juga yang akan memberi kita kekuatan untuk memberikan penjelasan iman kepada para pengejek. [BT]

P1: Apakah yang dimaksud dengan kota di atas gunung tidak mungkin tersembunyi? Apa hubungannya dengan terang?

P2: Ambillah sikap untuk menjadi terang Kristus di lingkungan pekerjaan saudara. Mintalah hikmat dan pimpinan Roh Kudus.