You are currently viewing PINGUIN-PINGUIN KECIL
  • Post category:Artikel

“. . . jadikanlah semua bangsa murid-Ku . . . dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.” (Matius 28:19-20)

Kehidupan keluarga pinguin sungguh unik. Seekor pinguin betina hanya menghasilkan sebutir telur, yang harus selalu berada di atas kedua kaki selama 90 hari sebelum telur tersebut menetas dan tidak boleh menyentuh tanah. Tugas menopang telur adalah tugas bersama pasangan pinguin. Ketika seekor penguin lelah, maka telur harus dipindahkan ke kaki pasangannya. Akan terlihat atraksi yang menarik ketika terjadi pemindahan telur tersebut karena penguin tidak memiliki tangan.

Setelah masa 90 hari lewat maka menetaslah bayi pinguin yang lucu. Tugas mencari dan memberi makan ada pada induk pinguin, sedangkan pinguin jantan bertugas menjaga keamanan sekitar. Kelompok pinguin ini terbiasa untuk saling menjaga kelompoknya dari serangan pemangsa. Uniknya lagi ketika anak-anak pinguin mulai besar ketika mereka mulai belajar berjalan, maka terlihat ada atraksi yang sangat lucu mirip pementasan tarian anak kecil.

Jan Vermeer, seorang photografer yang beruntung bisa menyaksikan peristiwa pelatihan tersebut dari dekat. Terlihat penguin yang lebih besar mengayunkan sayap kecilnya disamping seekor pinguin yang lebih kecil. Sesaat kemudian terlihat mengepit yuniornya dari belakang dengan sayapnya yang kecil untuk membimbingnya agar mulai berani melangkah. Sang pinguin senior bukanlah saudara dari sang yunior, secara naluri mereka selalu melakukan pelatihan-pelatihan yang lucu tersebut di kelompoknya.

Kita lihat ayat di atas, Tuhan Yesus memerintahkan kita untuk memuridkan orang-orang lain. Lebih sering kita sibuk dengan pelayanan fisik yang sama sekali tidak menyentuh masalah pemuridan, atau kita menganggap pemuridan hanya terbatas dilingkungan gereja dengan buku modul yang sudah disiapkan.

Ayo kita tiru gaya penguin-pinguin kecil yang luwes dan lucu dalam memuridkan para yuniornya, agar ada decak kagum dari DIA yang selalu memperhatikan kita. [PH]

P1: Apa perintah Tuhan Yesus dalam ayat kita hari ini?

P2: Maukah kita mulai meniru gaya pinguin kecil yang lucu dalam memuridkan orang lain?