You are currently viewing RUMAH TUHAN
  • Post category:Artikel

RUMAH TUHAN

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (1 Korintus 6:19-20)

Sebagai orang yang sangat apik terhadap segala barang kepunyaannya, Dian tidak suka jika ada orang yang meminjam barangnya dalam keadaan sangat baik, namun dikembalikan dalam keadaan yang kurang baik. Ia bisa kesal sekaligus sedih berhari-hari dan berjanji pada dirinya sendiri bahwa ia tidak akan meminjamkan lagi barang apapun kepada orang tersebut karena orang tersebut tidak dapat lagi ia percayai.

Sama seperti Dian, saya membayangkan mungkin begitu juga perasaan Tuhan saat melihat kita tidak dapat merawat tubuh kita sendiri dengan baik. Kita yang dilahirkan dengan tubuh yang sempurna, sehat, dan sangat baik, kadang lupa bahwa itu semua adalah pemberian Tuhan yang harus kita jaga. Walaupun memang tubuh jasmani kita tidak ikut berpulang ke Sorga saat kita meninggal nanti, namun seringkali berbagai penyakit dan kelemahan tubuh kita terjadi karena pola hidup kita yang tidak baik. Akibatnya, kita tidak dapat menggenapi panggilan dan rencana Tuhan dalam hidup kita. Terlebih lagi, kita tidak dapat menikmati janji Tuhan bagi hidup kita. Sahabat NK, sebagaimana tubuh adalah suatu persembahan yang seharusnya hidup dan berkenan kepada Allah, maka kita perlu menjaga tubuh kita dengan penuh tanggung jawab kepada Allah. Karena tubuh adalah tempat Allah bekerja dalam kehidupan kita. Mulai saat ini, marilah belajar bertanggung jawab dengan pola hidupmu, agar kita dapat menggenapi kehendakNya dan menyatakan kemuliaanNya lewat kehidupan kita. [JN]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1: Apa fungsi tubuh dalam pandangan Allah menurut 1 Korintus 6:19-20?

P2: Mengapa tubuh kita disebut rumah Allah (bait Roh Kudus)? Apa hubungan tubuh kita dengan kemuliaan Tuhan?