You are currently viewing SAMPAH YANG BERMANFAAT
  • Post category:Artikel

“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” (2Korintus 5:17)

Kota Surabaya memiliki moda transportasi yang semakin banyak disukai oleh masyarakat. Selain menawarkan kenyamanan, masyarakat yang ingin naik transportasi massal “Suroboyo Bus” pun tidak perlu membayar dengan uang, melainkan cukup membawa sampah plastik berupa botol maupun gelas bekas air mineral. Tujuannya pemda setempat adalah untuk mengedukasi masyarakat dan mengurangi sampah yang ada dan dapat dikelola kembali menjadi barang yang bermanfaat kembali bagi masyarakat. Ada istilah 3R yaitu Reduce-Reuse-Recycle yang intinya adalah daur ulang atau cara mengolah sampah dengan membuat karya baru hand made, atau kerajinan tangan, dari sampah non organik.

Disadari atau tidak, kita ini juga dalam keberdosaan seperti kain kotor di mata Tuhan (Yes 64:6). Karena dosa kita semua menjadi manusia yg tidak berpengharapan dan pasti menuju kebinasaan namun dengan kasih-Nya di Kalvari diubahnya menjadi perabotan yang mulia. Oleh kebangkitan-Nya orang-orang percaya memiliki pengharapan yang hidup, memiliki persekutuan rohani yang baru dengan Bapa dan bahkan dipakai menjadi rekan sepelayanan untuk memberitakan kasih karunia-Nya yang besar. Kebangkitan Kristus telah mengubah hidup banyak orang, Oleh kebangkitan-Nya orang-orang percaya mendapat kuasa untuk menjadi saksi-Nya. Murid-murid yang putus asa, diubah menjadi orang-orang yang penuh pengharapan. Tangisan dukacita Maria Magdalena diubah menjadi tangisan yang penuh sukacita dan menjadi saksi pertama kebangkitan Kristus. Petrus yang pernah menyangkal Yesus, diubah menjadi pengkhotbah yang dahsyat. Thomas yang peragu, diubah menjadi misioner yang beriman teguh. Saulus si penganiaya jemaat, diubah menjadi Paulus penulis Alkitab dan pemberita Injil luar biasa yang merintis banyak gereja. Bagaimana dengan kita? Maukah kita yang sudah diubahkan ini bersedia dipakai menjadi alat kemuliaan-Nya dengan menjadi kesaksian bagi orang yang belum diubahkan agar berjumpa dengan Kristus Sang pengubah manusia berdosa menjadi perabotan yang mulia? Itu pilihan! [DS]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1           : Apa yang dimaksud dengan istilah ciptaan baru?

P2           : Apa yang dihasilkan dengan kondisi menjadi ciptaan baru?

Bacaan : 1 Tawarikh 14-16