You are currently viewing SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN
  • Post category:Artikel

“Karena itu berjaga-jagalah sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya” (Matius 25:13)

Orang Jepang suka memberi perhatian khusus mengenai cuaca. Setiap hari sebelum keluar dari rumah, mereka selalu menonton ramalan cuaca. Tingkat keakuratan ramalan cuaca di negara itu memang sangat tinggi. Jadi, mereka yang menyaksikan ramalan cuaca pasti akan menyiapkan payung ketika hujan diramalkan akan turun. Orang-orang ini sungguh menghidupi peribahasa yang mengatakan “Sedia payung sebelum hujan”. Mereka siap, sigap dan sudah mengantisipasi datangnya hujan sebelum hujan terjadi.

Apabila dibandingkan dengan hari kedatangan Tuhan, tentunya masalah kedatangan hujan menjadi sangat tidak signifikan. Jika seseorang lupa tidak membawa payung dan ternyata hujan memang turun, mereka paling-paling harus mengeluarkan uang untuk membeli payung atau mereka akan kebasahan.

Namun, bagaimana dengan kedatangan Tuhan? Jika seseorang tidak mempersiapkan dirinya dengan baik untuk kedatangan Tuhan, apa yang mungkin terjadi? Tentu saja hal ini tidak bisa diselesaikan dengan uang bukan?

Petrus membandingkan sifat hari Tuhan yang akan datang tiba-tiba seperti kedatangan pencuri yang juga tidak pernah dapat diduga (2 Petrus 3:10). Tidak ada yang tahu kapan peristiwa yang tahu. Meskipun begitu, hari kedatangan Tuhan tidak akan terjadi secara tiba-tiba sehingga orang merasa terkejut karena tidak sempat mempersiapkan diri.

Tuhan sudah memberitahukan kepastian kedatangan-Nya. Ya, nubuat ini cepat atau lambat pasti digenapi! Tuhan Yesus pasti akan datang untuk ke dua kalinya meskipun Ia tidak memberitahukan kita kapan tepatnya itu akan terjadi. Oleh sebab itu, umat-Nya harus selalu berjaga-jaga sebab bisa saja Tuhan datang malam ini atau besok.

Sahabat NK, sudahkah Anda siap sedia? Pastikan Anda selalu siap, sigap dan sedia untuk menyambut kedatangan Tuhan. Jaga diri baik agar hidup kita selalu menyenangkan Tuhan. Banyak berdoa dan membaca firman agar apapun yang terjadi, kita dapat bertahan atas godaan dan cobaan sampai kita diangkat bersama dengan Yesus di awan-awan! Haleluya! [JEA]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1: Apakah Anda percaya bahwa Tuhan akan datang segera?

P2: Apakah bukti tindakan nyata bahwa Anda sedang mempersiapkan kedatangan Tuhan?