You are currently viewing TERTANAM BARU BERBUAH
  • Post category:Artikel

“Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.” (Mazmur 1:3)

Waktu pertama kali saya membeli pot untuk berkebun, saya heran mengapa setiap pot memiliki lubang di dasarnya. Ternyata lubang itu berguna untuk mengeluarkan kelebihan air saat penyiraman tanaman. Jika di dalam pot terlalu banyak air, akar tanaman akan membusuk, dan akhirnya tanaman akan mati. Selain itu, lubang pada bagian bawah pot bunga juga berguna untuk peredaran udara.

Pada masa kini, mudah sekali untuk mengakses media untuk mendapatkan khotbah-khotbah bermutu, menonton konser rohani, dan membaca artikel-artikel rohani. Hal ini menyebabkan seseorang dapat dengan mudah beralasan untuk tidak pergi ke gereja, “Toh saya setiap hari sudah mendengarkan khotbah di televisi”. Selain itu, ada juga orang yang cenderung berpindah-pindah gereja hanya untuk mencari pengkhotbah yang disukainya, yang menyampaikan renungan yang sesuai dengan seleranya. Mereka bahkan mencari info daftar pengkhotbah melalui media cetak maupun elektronik.

Sebuah pohon perlu ditanam di tanah yang dapat mengalirkan air dan dan memiliki peredaran udara yang baik. Kita sebagai anak Tuhan juga perlu memiliki akar yang kuat yang tertanam di sebuah gereja yang mengalirkan kebenaran Firman Tuhan dan pengurapan Roh Kudus. Jika kita tidak tertanam di sebuah gereja lokal atau cenderung berpindah-pindah gereja saat mengalami kekecewaan atau gesekan dengan saudara seiman, kita tidak mungkin dapat bertumbuh, apalagi berbuah.

Gereja adalah Tubuh Kristus dan Kristus adalah Kepala Gereja. “Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” (Yohanes 15:5). Di luar gereja, kita hanyalah seumpama penonton dan pengamat yang tidak beroleh bagian apa-apa dalam kegerakan Tubuh Kristus dan Roh Kudus.

Tertanamlah dahulu dengan kuat dan benar, dalam kebenaran Firman Tuhan, dalam gereja-Nya, mengikuti aliran Roh Kudus-Nya, kita akan bertumbuh makin kuat dan berbuah lebat. [RH]

P1: Mengapa kita perlu tertanam di Rumah Tuhan ?

P2: Apa saja yang perlu kita lakukan supaya kita dapat menghasilkan buah ?