You are currently viewing TETAP PERCAYA
  • Post category:Artikel

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8:28)

Beberapa tahun yang lalu terjadi gempa bumi yang disusul dengan tsunami di Palu dan Donggala propinsi Sulawesi Tengah. Ribuan manusia menjadi korban, harta benda, rumah, mobil, kendaraan, dan banyak lagi hancur-lebur bahkan tertelan oleh bumi. Peristiwa yang menjadi duka mendalam bagi bangsa Indonesia dan menarik simpati dunia atas kejadian ini. Gempa dan tsunami Palu ini tidak berselang lama dari gempa di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat kurang lebih dua bulan dari gempa Lombok yang juga mengakibatkan banyak korban jiwa dan materi.

Apakah ini penghukuman atau pencobaan dari Allah atas umatNya? Apakah hari kiamat sudah dekat? Apakah kedatangan Kristus kali kedua akan sebentar lagi tiba? Kalau kita membaca dan merenungkan Firman Tuhan dalam Alkitab, tanda-tanda alam dan banyak kejadian di dunia menunjukkan kita sudah berada di akhir zaman. Banyak bencana alam terjadi, perang antar bangsa, goncangan ekonomi, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana gereja Tuhan, yaitu kita sebagai anak-anak Tuhan menyikapi bahkan menghadapi kejadian-kejadian itu?

Rasul Paulus dalam suratnya di kitab Roma 8:28 menyatakan bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia. Latar belakang surat ini adalah gereja Tuhan dalam masa penganiayaan, masa kesulitan dan penderitaan. Tetapi Rasul Paulus menguatkan kepada jemaat Tuhan untuk tetap percaya bahwa “kebaikan” itu tidak dapat dibatasi hanya kepada keadaan yang baik baik saja, kesehatan yang baik, keuangan yang baik, dan hal baik menurut ukuran dunia semata.

“Kebaikan” itu melebihi dari segala ukuran kebaikan dunia, yaitu Allah Bapa telah mengutus Yesus Kristus untuk menebus kita dari hukuman dosa dan menganugerahkan keselamatan yang tidak dapat ditukar oleh segala kebaikan lain di dunia ini. Tetaplah percaya! [YJP]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1 : Bagaimana Anda memandang dan berpikir mengenai setiap bencana di dunia ini?

P2 : Apakah Anda telah membagikan berita “kebaikan” ini kepada teman dan saudara Anda, ceritakanlah pada kelompok sel Anda.