You are currently viewing TIDUR
  • Post category:Artikel

TIDUR

“Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah–sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.” (Mazmur 127:2).

Tahukah anda bahwa manusia harus tidur cukup sesuai dengan perkembangan usianya? Tahukah jika tidur cukup itu berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengendalikan nafsu makan, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya ingat? Tetapi tahu jugakah anda kalau mencukupkan kebutuhan hidup itu perlu kerja keras dan tidak bermalas-malasan? Tentu saja setiap orang akan mengetahuinya. Sudah berapa kali mendengarkan manfaat tidur cukup dan ribuan kali juga mendengar bahwa untuk hidup itu perlu kerja keras. Ada orang yang sangat ingin membahagiakan keluarganya sehingga bekerja siang malam mencari nafkah. Tidak mengindahkan rasa cape yang dialaminya, tidak memperdulikan jam tidur yang seharusnya dilakukannya. Mungkin ada orang yang akan mengatakan bahwa sayang sekali kalau tidur, waktu akan terbuang sia-sia.

Sahabat NK, Tuhan tau keterbatasan tubuh manusia yang fana ini. Tuhan mengingatkan bahwa semua yang diperoleh itu berasal dari-Nya bukan karena susah payah manusia mencarinya. Tidur tidaklah sia-sia atau membuang waktu jika sesuai dengan perkembangan usia. Tidur yang cukup merupakan ucapan syukur dan kepercayaan umat-Nya kepada Tuhan. Mengatur waktu tidur yang benar adalah bukti mengandalkan Tuhan karena Ia sanggup memberkati sekalipun umat-Nya tidak sedang bekerja. Melalui tidur yang cukup membuat tubuh menjadi sehat, tubuh yang sehat membuat orang percaya memiliki kekuatan untuk tetap menjadi berkat bagi orang lain. Apakah saat ini anda tidak pernah tidur cukup? Apakah lebih memilih bekerja daripada mengistirahatkan tubuh yang sudah lelah? Hargailah tubuh yang diberikan Tuhan dengan tidur cukup. Jangan kuatir akan kebutuhan hidup, tidurlah jika waktunya untuk tidur. Jika Tuhan tetap memberkati pada waktu tidur karena kasih-Nya, masihkah anda tidak mau tidur untuk kesehatan tubuh yang diciptakan- Nya? Pastikan, malam ini anda tidur sesuai dengan kebutuhan. [RIV]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1: Mengapa Tuhan memberikan berkat pada waktu tidur?

P2: Bagaimana caranya agar dapat bekerja dengan waktu tidur yang cukup?

Bacaan : 2 Samuel 19-21