You are currently viewing UBAH ARAH ANDA!
  • Post category:Artikel

Jawab Yesus kepada mereka: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! (Matius 24:4)

Di suatu perairan, dari geladaknya Kapten kapal menerawang jauh menerobos kegelapan malam yang pekat. Sepintas ia melihat kerlip cahaya samar di kejauhan. Segera dia memberi perintah kepada petugas operator radio untuk mengirim pesan, “Ubah arah Anda sepuluh derajat ke Selatan.”

Dia segera menerima balasan, “Ubah arah Anda sepuluh derajat ke Utara.”

Sang Kapten menjadi geram dan memerintahkan untuk mengirim pesan lain, “Ubah arah Anda sepuluh derajat ke Selatan. Saya seorang kapten!”

Segera balasan lain diterima,” Ubah arah Anda sepuluh derajat ke Utara. Saya pelaut kelas tiga.”

Dengan murka, Kapten memerintahkan mengirim pesan terakhir, “Ubah arah Anda sepuluh derajat ke Selatan. Saya adalah kapal perang!!”

Balasannya adalah, “Ubah arah Anda sepuluh derajat ke Utara. Saya adalah mercusuar.”

Sahabat NK, dalam perjalanan iman sebagai orang percaya kerap kali kita berada dalam situasi arah yang tidak menentu. Ada banyak informasi dan pengajaran-pengajaran yang membingungkan berseliweran di sekeliling kita. Di lain pihak ketidaksempurnaan kita sebagai manusia bagaikan kegelapan yang membungkus pikiran dengan kesombongan diri, dan menganggap pandangan kitalah yang paling benar. Tak pelak lagi, kita sangat mudah tergoda memutuskan ambil arah yang keliru dan bisa berakibat fatal.

Yesus mengingatkan bahwa tanda kedatangan-Nya kembali pada akhir jaman adalah banyak orang akan memakai nama-Nya, berperan sebagai mesias/nabi palsu serta mengadakan tanda/mujizat yang dahsyat namun pada akhirnya menyesatkan banyak orang (Mat 24:5, 23-24). Karenanya kita harus waspada dan menguji setiap hal. Kita tidak harus memaksakan berjalan ke arah menurut keyakinan sendiri jika tidak ingin tersesat atau kandas terbentur. Adalah lebih baik bersikap rendah hati, menyerah pada arah panduan yang diberikan Yesus, sang Mercusuar Kebenaran yaitu melalui tuntunan kebenaran Alkitab. [SM]

Perenungan (P1) dan Penerapan (P2)

P1 : Hal-hal apakah yang bisa mempengaruhi orang percaya sehingga menjadi tersesat di masa akhir jaman ini ? (1 Tim 4:1-7)

P2 : Dalam mempersiapkan diri menyambut kedatangan-Nya kembali, bagaiamana persiapan anda, khususnya dalam menghadapi hal-hal yang menyesatkan?