You are currently viewing UNIT PEKERJAAN
  • Post category:Artikel

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah”. (Roma 8:28)

Saya teringat kejadian beberapa tahun lalu di tempat pekerjaan. Ketika itu terungkap kasus pemberian gratifikasi terhadap salah satu pimpinan departemen di kantor yang berimbas kepada saya dimana perusahaan mencurigai saya menerima gratifikasi juga. Oleh karena itu, perusahaan menurunkan tim audit untuk memeriksa saya dan bagian departemen tempat saya bekerja. Proses audit itu menyebabkan beban psikis yang berat buat saya, karena seolah-olah perusahaan sudah tidak percaya lagi kepada saya. Belum lagi ditambah stigma negatif dari rekan-rekan kerja yang lain, menambah beban yang cukup berat kepada pikiran dan nama baik saya.

Saya sempat mengalami stres yang cukup berat, sehingga ada waktu dimana saya tidak bisa tidur. Pada akhirnya pemeriksaan membuktikan bahwa memang saya tidak menerima gratifikasi yang dimaksud. Melewati masa-masa itu adalah hal yang tidak mudah. Namun ada hikmah yang bisa saya petik dari pengalaman tersebut. Hubungan pribadi dengan Yesus menjadi lebih baik, lebih menyadari betapa berartinya keluarga, karena di saat rekan-rekan meninggalkan, hanya keluarga yang setia mendampingi dan memberi kekuatan. Belum lagi pembentukan karakter yang saya alami, kesombongan dan kebanggaan akan keberhasilan karier dikikis habis, diganti dengan pelajaran mengenai rendah hati dan tidak memandang rendah orang lain.

Tahukah Anda bahwa dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan akan datang ujian yang Tuhan ijinkan agar membentuk karakter dan potensi kita menjadi lebih baik? Karakter kita dibentuk agar semakin mirip dengan karakter Kristus, sehingga kemudian kita menjadi suratan yang terbuka di tempat pekerjaan kita. Perubahan itulah yang akan menjadi kesaksian hidup dimana pun kita berada. Jadi bila hari ini saudara sedang mengalami ujian dalam pekerjaan, tetaplah yakin bahwa Ia turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan. [DMP]

P1: Apakah Anda sedang mengalami masa sulit/ujian dalam pekerjaan?

P2: Tetaplah percaya bahwa Ia turut bekerja dalam masa sulit agar menjadi kesaksian bagi banyak orang.